Wanita & Sepeda
Short URL:
Tips Aman Bersepeda Bagi Ibu Hamil
Mon, 03 Feb 2014 | 15:37
Teks : Andi Wahyudi
Foto / Video : bikeradar
Dibaca : 9.685 kali

SPORTKU.COM - Kehamilan merupakan suatu kegembiraan yang luar biasa bagi pasangan suami istri yang menginginkan anak. Persoalannya, ketika seorang perempuan hamil, dihadapi cukup banyak pantangan-pantangan yang harus ditaati agar jabang bayi dalam kandungan tetap terjaga dengan baik. Salah satunya, pantangan untuk bersepeda bagi ibu hamil. Benarkah hal tersebut?

Institusi Royal College of Obstetricians and Gynaecologist (RCOG) di Inggris menyatakan bahwa bersepeda tidak dilarang bagi ibu hamil. Apalagi jika sebelum kehamilan, perempuan tersebut memang sudah terbiasa bersepeda.

"Jika ibu hamil tetap merasa yakin dan percaya diri untuk bersepeda, silahkan saja. Lakukan saja seperti biasa. Hanya saja perlu diingat bahwa hal tersebut memiliki resiko yang cukup tinggi terutama jika mengalami kecelakaan atau terjatuh," ujar Dr Andy Ward dari RCOG sebagaimana dikutip bikeradar.com.

Josie Dew, seorang pesepeda jarak jauh sependapat dengan apa yang disampaikan Dr Andy Ward. "Saya terbiasa bersepeda dan semasa 2 kali kehamilan, saya tetap bersepeda. Saya pikir bersepeda sebagaimana layaknya, sangat baik untuk wanita hamil," ujar Josie.

Lalu apa keuntungannya bagi ibu hamil? "Banyak keluhan yang sering dialami ibu hamil bisa berkurang secara signifikan. Selain itu juga bisa mengurangi stress, insomnia dan depresi," sambung Dr Andy Ward. Tentu jika dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal seperti: menjaga agar tidak terjatuh dan melukai kandungan serta menghindari naiknya suhu tubuh secara mendadak.

Namun hal tersebut bisa dijaga dengan mengenakan pakaian yang sejuk serta helm yang nyaman, menjaga asupan minuman dan tidak bersepeda di hari yang terik atau panas.

Andy Ward juga menyarankan agar bersepeda dilakukan dengan santai dan disesuaikan dengan kondisi tubuh. "Jangan memaksa, sebab dalam masa kehamilan tubuh secara alami mengalami penurunan kondisi. Jadi bersepeda secara santai saja," ujarnya.

Selain dilakukan secara santai, Andy juga menyarankan ibu hamil agar tidak bersepeda seorang diri. "Ajaklah suami atau sahabat Anda. Jangan lupa membawa mobile phone untuk antisipasi kondisi darurat," ujarnya. Disarankan juga untuk memilih jalan yang datar dan bukan lintasan yang menguras tenaga. Andy juga menyarankan agar memilih sepeda yang nyaman dikendarai

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

bikeradar.com