Test Drive » Track
Short URL:
BSD Xtreme Park: Arena Bersepeda Baru dan Seru di Barat Jakarta
Tue, 16 Aug 2016 | 14:04
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Adi Supriyatna
Dibaca : 8.790 kali

SPORTKU.COMBagi para hobiis maupun atlet sepeda, kawasan Serpong, Banten, yang terletak di barat Jakarta, telah dikenal sebagai arena bermain yang asyik. Di kawasan ini terdapat sejumlah jalur sepeda yang menarik dan ramai dikunjungi oleh para penggemar MTB dari berbagai daerah, seperti Jalur Pipa Gas (JPG), Cihuni serta track lainnya. 

Di kawasan tersebut kini juga terdapat sebuah arena baru bagi penggemar sepeda, khususnya genre BMX Supercros (SX), Four Cross (4X) atau dirt jump, yang dikenal dengan BSD Xtreme Park.

Terletak di Jalan Damai Foresta, Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, BSD City, Tangerang, BSD Xtreme Park didesain sebagai wahana bagi para penggemar olahraga ekstrem. Wahana ini mulai dibuka pada Januari tahun ini. 

Seorang rider melintasi berm besar (Foto: Adi Supriyatna)BSD Xtreme Park, trek sepeda, bmx sx, mtb, 4x, four cross, dirt jump, freeride, pump track

Di dalam kawasan yang berdiri di lahan seluas sekitar 5 hektar itu terdapat sejumlah wahana olahraga ekstrem lain yang mampu memacu adrenalin. Selain wahana untuk bermain sepeda, di sini juga terdapat wahana rock climbing, gokart dan skatepark. Yang menarik, wahana ini juga telah didesain sedemikian rupa dan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukukung.

Khusus bike park, yang mulai dibuka pada bulan April lalu, arena ini ditujukan untuk mengakomodir beberapa genre sepeda, diantaranya BMX SX, MTB 4X, free ride dan dirt jump. Bike Park ini dirancang untuk semua kalangan, termasuk bagi kalangan pemula yang tidak memiliki pengalaman dalam menggunakan sepeda sebelumnya.

Adu cepat di nomor MTB 4X (Foto: Adi Supriyatna)mtb, bmx, bmx sx, mtb 4x, bsd extreme park, sila to race me

Fasilitas atau jenis track yang ada di sini juga cukup beragam, dengan adanya Pump Track, Dirt Jump Track, Slop Style Track dan Bike Racing Arena sepanjang 250meter, berikut beragam jenis obstacle menarik lainnya. 

Untuk kalangan pemula, di BSD Xtreme Park juga memiliki Instruktur sepeda profesional dan program pelatihan yang bisa diikuti.  

Menurut pengelola BSD Xtreme Park Asep Tubagus Tresnadi atau yang biasa dikenal Apep, di bike park ini memiliki sejumlah daya tarik dan arena untuk melatih dan meningkatkan skill dengan adanya table top, double sedang dan panjang, gap seru, berm besar, rhythm section, serta jenis obstacle lainnya.

Aksi rider di arena Dirt Jump (Foto: Adi Supriyatna)Fun Race, MTBMX, Sila to Race Me, BSD Extreme Park, bmx sx, mtb 4x

Selain itu, di sini juga terdapat trek sepeda sepanjang 1,2km.

“Trek ini mengelilingi kawasan BSD Xtreme Park dan bersifat gratis,” jelas Apep.  

Untuk menikmati wahana yang terdapat di BSD Xtreme Park, pengunjung wajib melengkapi diri dengan gelang khusus yang bisa didapatkan dengan harga Rp33 ribu di kantor pengelola arena ini. Gelang tersebut selanjutnya bisa di isi ulang dengan dengan kelipatan Rp50 ribu. 

Aksi rider di arena Dirt Jump (Foto: Adi Supriyatna)Fun Race, MTBMX, Sila to Race Me, BSD Extreme Park, bmx sx, mtb 4x

Tiap wahana di BSD Xtreme Park juga memiliki tarif masuk yang berbeda. Khusus bike Park, tarifnya adalah Rp 40.250 per orang. Bila pengunjung masih milik dana yang tersisa, dana tersebut akan tetap tersimpan di gelang yang memiliki masa berlaku selama 1 tahun dan bisa digunakan kembali pada kunjungan berikutnya. 

 

BSD Xtreme Park

 Jl. Damai Foresta, Desa Sampora, Kec. Cisauk 

BSD City, Tangerang, Banten 

Tel: 0888809706021

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss