Test Drive » Track
Short URL:
Satharlan Bike Park, Arena Bersepeda Yang Asyik di Timur Jakarta
Tue, 17 Jun 2014 | 12:00
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Adi/Andi
Dibaca : 41.114 kali

SPORTKU.COM - Jakarta memang telah penuh sesak oleh gedung-gedung pencakar langit. Tapi, di salah satu sudut kota ini masih ada lokasi yang “ramah” bagi para pesepeda yang ingin sekedar bermain-main dengan tunggangannya atau bahkan mereka yang serius untuk menjadi atlet. Tempat tersebut adalah Satharlan Bike Park. 

Satharlan Bike Park terletak di komplek Satuan Pemelihara Landasan (Satharlan) TNI Angkatan Udara, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Lokasi bike park ini hanya beberapa kilometer dari Komplek Asrama Haji Pondok Gede atau Taman Mini Indonesia Indah (TMII), ke arah Pondok Gede.

Berada di area seluas sekitar 2 ha, Satharlan Bike Park memiliki fasilitas bagi beragam kategori aktivitas bersepada, seperti dirtjump, BMX dual cross, maupun cross country (XC). Bagi kalangan dirtjumper atau  BMX crosser, di sini tersedia pumping trek dan trek yang memiliki rintangan yang didesain seperti halnya di bike park modern. 

Sementara itu, bagi penggemar XC, di sini terdapat trek khusus yang bisa dijelajahi. Meski tidak terlalu panjang, hanya sekitar 1 km, namun trek ini tetap menantang karena adanya sejumlah rintangan yang bersifat teknis.

Bagi kalangan pemula, khususnya pesepeda BMX, Di sini juga terdapat trainer yang siap membantu untuk mendalami teknik.     

Menurut pembina Satharlan Bike Park, Kol. Mamaja, arena ini memang disiapkan dan ditujukan bagi penggemar sepeda di Ibukota atau daerah lainnya. Selain itu, arena ini juga diharapkan dapat menciptakan bibit-bibit baru dalam dunia sepeda yang dapat berprestasi di pentas nasional bahkan dunia. 

Untuk itu merealisasikan tujuan tersebut, pengelola Satharlan Bike Park juga aktif menggelar kompetisi yang bertajuk “Battle of Satharlan” yang hingga saat ini telah dua kali diselenggarakan.

Menuju Satharlan Bike Park 

Pesepeda bisa menempuh perjalanan dengan rute TMII, kemudian ke arah Asrama Haji dan Lubang Buaya. Bike park ini terletak di sebelah kiri jalan, beberapa ratus meter dari pintu gerbang Lubang Buaya.

Alternatif lainnya, pengunjung bisa melalui Kalimalang, kemudian ke arah TMII, melalui rute Pasar Pondok Gede.  

Tip

Mengingat bike park ini berada di kawasan militer, maka para pengunjung atau pesepeda sangat disarankan untuk menginformasikan kunjungan terlebih dahulu kepada pengelola (Bpk. Meddy; Tel: 085693393723). Kemudian, saat meminta izin dari petugas jaga, sangat disarankan untuk menuntun sepeda atau turun dari kendaraan.   

Trek BMX dual Cross. (Foto: Adi Supriyatna)

Satharlan Bike Park, dirtjump, bmx, dual cross, Jakarta, cross country, xc

Trek mini XC. (Foto: Adi Supriyatna)

Satharlan Bike Park, dirtjump, bmx, dual cross, Jakarta, cross country, xc

Aktvitas pelatihan untuk pesepeda BMX. (Foto: Andi Wahyudi)

Satharlan Bike Park, dirtjump, bmx, dual cross, Jakarta, cross country, xc

Pumping Trek yang ditujukan bagi kalangan dirt jumpers. (Foto: Adi Supriyatna)

Satharlan Bike Park, dirtjump, bmx, dual cross, Jakarta, cross country, xc

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss