Test Drive » Other
Short URL:
Kiat Aman Gowes Di Bawah Sinar Matahari
Sun, 25 May 2014 | 11:00
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 4.615 kali

SPORTKU.COM - Tahukah Anda, bersepeda di bawah sinar matahari dalam waktu yang panjang bisa berdampak serius? Sebuah studi terbaru dari Cancer Research UK menemukan jumlah orang meninggal akibat kanker kulit meningkat dua kali lipat dalam tiga dekade terakhir. 

Dokter kulit British Skin Foundation dan pengendara sepeda yang kritis dr. Ian Coulson mengatakan bahwa pengendara sepeda sangat beresiko dari kerusakan akibat sinar matahari. "Pengendara sepeda menghadapi kerusakan akibat sinar matahari kumulatif dari paparan kronis. Hal itu dapat menyebabkan prevalensi melanoma kanker lebih tinggi dan penuaan dini," kata Coulson seperti dikutip dari Bikeradar.

Penelitian lain menyebutkan, sebuah studi dari enam pengendara sepeda pada tahun 2000 menemukan bahwa selama acara delapan etape bersepeda, tingkat paparan sinar matahari yang berbahaya-radiasi ultraviolet (UV) – bernilai lebih dari 30 kali dari batas yang direkomendasikan lembaga internasional.

Gunakan Tabir Surya

Bevis Mann dari Asosiasi Dermatologi Inggris (BAD) menyarankan untuk menggunakan tabir surya sebelum bersepeda dan mengulang setiap jam berikutnya. 80 persen tabir surya akan hilang oleh keringat. Ia menyarankan untuk menggunakan, setidaknya, SPF 30, SPF 50 untuk kulit normal. 

Saat menggunakannya, jangan lupa bagian leher, telinga, bagian atas lutut, dan bagian kepala yang rentan melalui ventilasi helm. Kenakan pakaian yang memiliki perlindungan dari sinar UV.

Waspada

Deteksi dini melanoma.  The Sun Awareness Campaign menyarankan untuk mencari tahi lalat yang asimetri, berubah warna dan terjadi peningkatan ukuran, karena sebagian besar melanoma berukuran lebih dari 6 mm diameter. Jika ragu, hubungi dokter segera.

Bila ada bagian kulit yang kasar, bersisik dan muncul saat terkena cahaya, di area terbuka (pipi, hidung, bagian atas telinga atau tangan) yang muncul selama lebih dari tiga bulan, kemungkinan itu adalah tanda awal kanker. Ingat, pengendara sepeda berkulit normal sangat rentan menderita gangguan tersebut.

Tip Ala James Bowthorpe

Pemecah rekor keliling dunia sepeda, James Bowthorpe, telah berhasil mengalahkan luka bakar. Berikut tips nya: 

  • Kenakan helm dengan desain yang melindungi telinga, hidung dan bibir. 
  • Oleskan suncream pada wajah setiap hari, lebih dari sekali. 
  • Kenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV. Meski tidak bersepeda, mata dapat terbakar. 
  • Lindungi paha, punggung, tangan dengan suncream karena bagian tersebut dapat terkena sinar UV secara terus-menerus. 
  • Kenakan baju lengan panjang jika bersepeda dalam waktu yang lama dan cari pakaian dengan rating UV yang tinggi.
Terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama menyebabkan prevalensi melanoma kanker lebih tinggi dan penuaan dini. (Foto: Bikeradar)

 

tip, kulit, kesehatan

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss