Test Drive » Other
Short URL:
Mau Beli Sepeda Idaman? Perhatikan Beberapa Hal ini!
Sun, 30 Mar 2014 | 11:00
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 44.994 kali

SPORTKU.COM - Dalam membeli sepeda, bukan cuma faktor merek  atau harga semata. Tapi ada hal lain yang perlu menjadi bahan pertimbangan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.  

Jenis Sepeda

Putuskan, jenis sepeda yang paling masuk akal bagi Anda – sepeda gunung, road bike, hybrid, atau sepeda untuk di kota atau komuter. 

Faktor Selanjutnya adalah tujuan Anda bersepeda. Pertimbangkan tentang jenis medan seperti apa yang bakal sering Anda lewati, seberapa jauh jarak yang bakal ditempuh, dan apa yang ingin dicapai.

Jika Anda lebih tertarik untuk menjelajahi medan offroad, pilihannya cukup sederhana. Carilah sepeda gunung dengan ban lebar, stang datar, rem yang kuat, serta suspensi yang mampu menyerap goncangan yang memang dibuat untuk jalan bergelombang. 

Selain itu, anda kemudian harus memutuskan berapa banyak suspensi yang Anda inginkan (sebagian besar memiliki antara 4 dan 8 inci) dan ukuran roda yang tepat (26, 27,5 atau 29 inci). Jalan yang halus membutuhkan perjalanan kurang dan memungkinkan Anda untuk menggunakan roda yang lebih besar dan lebih stabil.

Jika anda akan banyak melalui di jalan bergelombang atau trotoar, maka pilihannya akan meningkat. Tergantung pada tujuan anda, ingin sepeda jalan raya, komuter, hybrid. Road bike umumnya memiliki ban kurus atau kecil dan stang melengkung - yang menempatkan posisi pengendaranya membungkuk, posisi yang cocok untuk melaju dalam kecepatan tinggi. 

Sepeda hybrid memberikan kenyamanan dan stabilitas melalui ban yang lebih tebal dan posisi berkendara yang lebih tegak dan memudahkan anda saat menysusuri jalan-jalan kota atau jalan yang berbatu. Sepeda komuter, mulai  dari tangguh hingga yang bergaya, sering dilengkapi dengan rak dan fender gunung , desain frame yang tegak  dan drivetrain yang mudah dirawat.

“Memilih diantara tiga pilihan di atas tergantung pada seberapa keras, berapa lama , dan di mana Anda ingin naik,” kata Mattie Davitt, manajer penjualan Connection Piermont di Piermont, New York, seperti yang dikutip dari Bicycling

Banyak pembuat sepeda menawarkan sepeda hybrid dengan drivetrains berkualitas tinggi dan rem cakram. Sepeda tersebut ringan dan menyenangkan untuk digunakan untuk komuter atau pengendara baru yang menginginkan satu sepeda untuk beberapa aktivitas. 

“Tetapi jika Anda berencana untuk membakar beberapa kalori secara serius, anda dapat berlatih sendiri atau bahkan ikut serta dalam perlombaan, maka Anda akan lebih puas dengan road bike,” kata Davitt.

Anggaran 

Sebelum mulai berbelanja, putuskan berapa banyak uang yang ingin anda investasikan terkait dengan tujuan bersepeda. Kemudian, alokasikan pula sekitar dua pertiga dari anggaran untuk membeli aksesoris atau perlengkapan lain, seperti helm, pompa, botol air, dan tempat botol minum (bottle cage).

Ukuran Sepeda

Ukuran (geometry) sepeda sangat penting bagi keamanan dan kenyaman bersepeda. Penjual sepeda yang baik akan membantu anda menemukan ukuran yang tepat. Jadi, cari toko dengan staf yang bersertifikat dan dapat melakukan pengukuran yang sesuai dengan tubuh anda. Jangan mudah tergiur dengan diskon besar, kecuali sepeda tersebut benar-benar sesuai dengan ukuran anda.

Tes Sepeda & Persempit Pencarian 

Membeli sepeda seperti membeli rumah atau mobil. Tes sepeda yang diminati dan pilihlah yang paling nyaman di tubuh saat sepeda digunakan.

Cobalah untuk fokus pilihan Anda untuk tiga model berdasarkan anggaran dan tujuan penggunaan. Kemudian pastikan Anda melakukan tes ride yang memadai, minimal 15 sampai 20 menit atau bahkan lebih lama, jika memungkinkan.

Layanan 

Tidak ada yang salah belanja barang murah secara online. Tapi, pertimbangkanlah semua keuntungan yang bakal anda dapatkan. Selain memberikan sesi fitting dan test ride, toko yang baik akan memastikan kualitas perakitan dan mungkin menawarkan penyesuaian secara gratis untuk jangka waktu tertentu, serta diskon lain untuk aksesori yang disertakan dalam pembelian sepeda siap pakai (full bike). Sebuah Toko juga tempat untuk mengenal pesepeda lainnya, melalui komunitas atau event yang terorganisir.

 

Selain memberikan sesi fitting dan test ride, toko yang baik akan memastikan kualitas perakitan dan program menarik lainnya. (Foto: Bicycling)

test bike, komuter, hybrid, mtb, road bike

 

Ragam jenis sepeda (Ilustrasi: Popcenter)

test bike, komuter, hybrid, mtb, road bike

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss