Test Drive » Bike
Short URL:
Patrol CO 72
Sepeda Premium yang Ringan dan Lincah
Sat, 21 Jun 2014 | 11:00
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Andi Wahyudi, Sonny Hastara, Zenuar Yoga
Dibaca : 24.505 kali

SPORTKU.COM - Dikenal sebagai brand yang fokus pada segmen sepeda gunung, Patrol kembali melahirkan sebuah produk terbarunya dalam kancah dunia sepeda MTB di Tanah Air, Patrol CO 72. 

SPORTKU.com baru-baru ini mendapat kesempatan untuk mencicipi sepeda cross country premium ini. Walau sepintas sama dengan sepeda XC umumnya, namun sepeda ini muncul dengan sejumlah kelebihan serta fitur menarik yang bisa dirasakan oleh setiap penggunanya.     

Desain, Material Komponen

Patrol CO 72 memang menyandang genre sepeda cross country premium. Sepeda ini hanya dibekali dengan suspensi di bagian depan saja. Aura race pada sepeda ini juga nampak jelas pada sisi handle bar yang menggunakan tipe semi flatbar.

Test Bike, Patrol CO 72, cross country, xc, premium bike, Deore

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Patrol CO 72 adalah material pada frame-nya yang berbahan karbon dengan teknologi High Modulus Carbon (HMC) dalam berbagai size (ukuran). Sebagaimana diketahui, material karbon memang dikenal sebagai salah satu material frame yang tergolong paling ringan. 

Test Bike, Patrol CO 72, cross country, xc, premium bike, Deore

Tak hanya pada frame, material karbon juga dijumpai pada sejumlah komponen lain, seperti pada stem dan handlebar (setang). 

Komponen premium juga terdapat pada sisi groupset, dimana menggunakan komponen Shimano Deore XT dengan komposisi 2x10 speed. 

Test Bike, Patrol CO 72, cross country, xc, premium bike, Deore

Sementara, pada sisi wheelset adalah tipe Deore XT yang dibalut ban Maxxis Crossmark 27.5 (650B) X 2.10. Komponen ini mungkin saja bisa berbeda, mengingat pada brosur digital yang dirilis Patrol tertulis bahwa komponen yang digunakan adalah XRC 1250 SPLine, besutan DT Swiss. 

Sedangkan pada bagian suspensi, Patrol CO 72 dilengkapi dengan Fox Float 32 Fit CTD dengan tinggi travel 100 mm yang telah dikenal dengan kualitas maupun reputasinya yang tinggi.   

Test Bike, Patrol CO 72, cross country, xc, premium bike, Deore

Performa

Saat dicoba di salah satu trek yang pernah digunakan dalam ajang kompetisi di Satharlan Bike Park, di Jakarta Timur, Patrol CO 72 memang sangat mumpuni sebagai sebuah sepeda XC race. Bobot dan handling-nya terasa ringan. Sepeda ini pun mampu bergerak cepat dan lincah kala melintas trek tanah maupun berbatu. 

Rider juga bisa lebih maksimal dalam mengayuh karena penggunaan flat bar yang membuat tubuh rider lebih aerodinamis atau membungkuk. 

Test Bike, Patrol CO 72, cross country, xc, premium bike, Deore

Saat di aspal, sepeda ini pun terasa nyaman saat dikayuh, mengingat ukuran bannya yang tidak terlalu lebar sehinga memiliki rolling resistance yang lebih baik. 

Dengan bobotnya yang ringan, rider pun dapat mengangkat roda depan dengan mudah dan hanya membutuhkan sedikit energi ketika melewati cerukan atau lubang. 

Dengan performa yang dimilikinya, Patrol CO 72 memang sangat direkomendasikan untuk penggemar XC dan kerap melaju dalam kecepatan tinggi. Dengan demikian, harganya yang tergolong premium, sekitar Rp56,985 juta, cukup sebanding dengan kualitas material dan performanya.  

Test Bike, Patrol CO 72, cross country, xc, premium bike, Deore

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss