Test Drive » Bike
Short URL:
Test Bike: Adrenaline XC 3
Produk Lokal Dengan Rasa Dan Performa Internasional
Mon, 12 May 2014 | 17:26
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Zenuar Yoga
Dibaca : 52.869 kali

SPORTKU.COM - Sepeda merek lokal, khususnya untuk kategori MTB atau cross country, sejauh ini memang terkesan belum memikat pesepeda dalam negeri. Penyebabnya, terutama adalah "belum percaya” terhadap performa sepeda tersebut. 

Padahal kondisinya sebenarnya tidaklah demikian. Masih ada sepeda dengan brand lokal yang memiliki kualitas serta performa, yang boleh dibilang, setara dengan sepeda impor. Salah satunya adalah Adrenaline XC 3, yang sempat dicicipi oleh SPORTKU.com beberapa waktu lalu.

Adrenaline XC 3 merupakan sepeda gunung (MTB) fulsus (full suspension) besutan salah satu pabrikan sepeda terbesar di Tanah Air, PT Wijaya Indonesia Makmur atau yang populer dengan nama Wim Cycle. Sepeda ini ditujukan bagi mereka yang ingin menggeluti aktivitas XC dengan nyaman dan aman.

Adrenaline XC 3, MTB, cross country

Kesan pertama yang muncul saat pertama melihat Adrenaline XC 3 adalah posturnya kokoh dan bergaya. Warna merah yang mendominasi pada frame yang dikombinasikan dengan putih dan hitam, membuat sepeda ini nampak gagah. 

Design frame XC 3 disebut-sebut sebagai penyempurnaan dari seri sebelumnya, XC 2. Bila pada seri sebelumnya berbentuk melengkung (curve), pada XC 3 ini bagian seat tube memiliki tubing yang lebih besar pada poros link cage. Hal ini ditujukan agar dapat lebih kuat dalam menopang bobot rider. 

Rangka XC 3 didesain untuk fork dengan travel setinggi 120 mm. Desain ini juga berbeda dengan seri sebelumnya, yang hanya 100 mm. Dengan travel tersebut, sepeda ini diklaim memberikan kenyamanan saat digunakan. Sementara, material frame sepeda ini berbahan alumunium alloy yang telah mengusung teknologi triple butted (telah melalui tiga kali pengikisan) yang membuat bobot sepeda ini lebih ringan.

Pada sisi komponen, brand dan teknologi yang dipakai cukup impresif. Adrenaline XC 3 ternyata diracik dari komponen yang berkelas dan dikenal bermutu dengan kemampuan 30 speed. Perangkat penggerak (group set) dan shifter sepeda ini menggunakan komponen Shimano Deore serta seri XT dan SLX yang menjanjikan perpindahan gear lebih ringan, smooth dan presisi, terutama saat melintasi medan offroad. Bagi kalangan pemula, komponen ini tentunya sudah tergolong lebih dari cukup.

Adrenaline XC 3, MTB, cross country

Sedangkan untuk suspensi, sepeda ini dilengkapi fork Rock Shox Recon dengan hub bertipe TA dan Rock Shox Monarch yang berteknologi udara (air). Kedua suspensi tersebut juga memiliki fitur lock dan remote lock (pada fork) untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan saat penggunaan di jalan raya atau aspal.    

Keunggulan desain serta komponen yang melengkapi Adrenaline XC 3 terbukti saat SPORTKU.com menjajalnya di trek Telaga Warna (Puncak, Jawa Barat) dan di bilangan Depok, Jawa Barat. Sepeda ini cukup stabil dan nyaman saat diajak melewati trek berbatu maupun tanjakan curam. Ban WTB yang melengkapi sepeda ini juga memiliki traksi yang tergolong baik sehingga membuat sepeda tak mudah tergelincir.

Adrenaline XC 3, MTB, cross country

Demikian pula ketika diajak melewati jalan raya atau aspal. Perjalanan pun terasa nyaman saat fitur lock pada suspensinya diaktifkan. Yang menarik, fitur tersebut dapat diaktifkan saat sepeda tengah berjalan, sehingga lebih praktis dan hemat waktu.

Kendati demikian, ada sedikit hal yang bisa diperbaiki yaitu bracket kabel yang terletak di bagian downtube. Secara posisi tidak masalah, namun saat test bike, kabel beberapa kali terlepas dari bracket-nya. Selain membuat tampilan kurang rapi, kabel yang terlepas itu bisa mengganggu handling. Akan lebih yahud jika daya cengkeram bracket terhadap kabel lebih disempurnakan. 

Adrenaline XC 3, MTB, cross country

Secara umum, Adrenaline XC 3 merupakan sepeda yang mumpuni, baik desain maupun komponen yang disematkannya memiliki kombinasi yang apik dan performanya sangat mumpuni. Ditambah lagi dengan harganya yang relatif terjangkau, sekitar Rp 9,9 juta, serta layanan garansi selama 5 tahun membuat sepeda ini layak untuk dimiliki.   

 

Spesifikasi

Adrenaline XC3

Sizes: 16/17"

Colors: Red

Frame: Alloy 6061 T-Butted Hydro Speed FS

Fork: Rock Shox Reckon Silver Air - 100mm Travel with Remote Lock

Shock: Rock Shox Monarch RL

Handlebar: Funn Alloy 6061 Low Rise Bar 

Stem: Funn Alloy 6061 A-Head

Seat post: Funn Alloy 6061 with Zero Offset 31.6mm

Saddle: WTB Volt Sport SE

Pedals: VP Alloy

Shifters: Shimano XT SL-M780

Front Derailleur: Shimano SLX FD-M671

Rear Derailleur: Shimano XT RD-M781 10sp

Brakes: Shimano BR-M505 Hydr. Disc (centre lock)

Brake Lever: Shimano BL-M505

Cassette: Shimano CS-HG62-10 11-36T, 10sp

Chain: Yaban SH-10CR, 10sp

Crankset: Shimano Deore FC-M590-10 (42-32-24T) 

Bottom Bracket: Shimano

Rims: WTB Speed Disc

Front Hub: Shimano SLX HB-M678 32H

Rear Hub: Shimano Deore FH-M595 32H

Spokes: Stainless Steel

Tires: WTB Nano with Aramid Bead

Extras: Chainstay Protector

Others : FSA Headset, Velo Grip

 

Editor : Dedi Hermawan
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss