Test Drive » Bike
Short URL:
Test bike: Merida One Twenty 500
Tue, 08 Apr 2014 | 11:00
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Sonny Hastara
Dibaca : 16.724 kali

SPORTKU.COM - Sebagaimana tradisi sebelumnya, pada tahun 2014 ini Merida turut meluncurkan sejumlah sepeda dalam berbagai kategori. Khusus untuk kategori maratahon/race full suspension, pabrikan asal Taiwan tersebut mengusung One Twenty 500. 

One Twenty 500 bisa dibilang sebagai suksesor dari seri 120 500 yang dirilis pada tahun lalu. Namun, sepeda bersuspensi ganda ini memiliki sejumlah fitur dan komponen baru. Perubahan yang paling menonjol adalah pada bagian fork, yang kali ini menggunakan fork besutan RockShox. 

Merida, One Twenty 500, RockShox, fulsus, Shimano, Deore

Penampilan One Twenty 500 memang cukup segar. Kombinasi warna abu-abu, hijau dan hitam di membuatnya nampak kokoh dan maskulin. Rangka One Twenty 500 dibuat dari alloy 6066 yang diproses dengan metode khas Merida, HFS hydro forming.

Rangka tersebut juga memiliki fitur post-mount disc yang memudahkan dalam memasang kaliper cakram secara langsung di bagian belakang rangka. Untuk meredam guncangan, rangka ditopang fork RockShox dan shock dari SR Suntour Epicon Lorp.

Pada sisi kokpit, One Twenty 500 memang tidak begitu spesial. Stem, handle bar, seat post buatan Merida. Komponen Merida juga terdapat pada bagian rim, yang menggunakan Merida Matts plus ban 26 x 2.25.

Merida, One Twenty 500, RockShox, fulsus, Shimano, Deore 

Untuk perangkat penggerak (drivetrain), One Twenty 500 dibekali Crank Shimano M522 Octa (42-32-24), front derailleur (FD) Shimano Deore H35 triple dan RD (Rear Derailleur) Shimano Deore XT Shadow dan kaset Shimano 10-speed. Komponen tersebut dihubungkan dengan rantai KMC. Sementara pada rem dan shifter, pengguna disuguhkan perangkat Shimano Deore.   

Merida, One Twenty 500, RockShox, fulsus, Shimano, Deore

Dengan adanya shifter Deore dari Shimano yang telah menjadi standar komponen untuk sepeda MTB, sangat memberikan kenyamanan saat mengontrol gear yang diinginkan. Saat ditarik atau ditekan dengan jari, tuas shifter pun terasa lembut. 

Merida, One Twenty 500, RockShox, fulsus, Shimano, Deore

Kami “mencicipi” One Twenty 500 di kawasan Serpong, Banten. Saat diajak melintasi jalan setapak yang datar dan bergelombang, sepeda ini terasa cukup nyaman. Suspensi depan dan belakangnya bekerja dengan baik, meredam guncangan. Kedua shock pada sepeda ini juga dilengkapi dengan fitur “lock” yang sangat berguna saat sepeda ini digunakan di aspal atau jalan raya.  

Merida, One Twenty 500, RockShox, fulsus, Shimano, Deore

Mencicipi sepeda fulsus tentu tak afdol bila yang melewati medan yang turunan atau tanjakan. Ketika melewati kedua medan tersebut, One Twenty 500 masih cukup asyik dikendarai. Dengan rentang yang jauh pada kaset 10-speed, lutut pun tak perlu bekerja terlalu keras untuk mengayuh pedal kala melewati tanjakan curam.  

Dengan pengalaman dan nama besar Merida serta komponen berkualitas yang melengkapinya, Merida One Twenty 500 memang patut dipertimbangkan bagi mereka yang tengah berburu sepeda MTB. Yang menggembirakan, sepeda ini pun telah tersedia di Tanah Air dengan harga yang kompetitif.

 

Spesikasi  

Frame material/size: alloy 6066/16-18 

Warna: matt anthracite, green, silver

Fork: RockShox XC 32 TK 120 tapered

Shock: SR Suntour Epicon Lorp

Drivetrain: Shimano Deore (mix)

Rem: Shimano M445 180mm 

Rims: Merida Matts Comp D 26”

Hubs: Shimano M435 

Ban: Merida Trail Lite 2.25 KV

 

Merida, One Twenty 500, RockShox, fulsus, Shimano, Deore

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss