Road » Road Bike
Short URL:
DT Swiss Ciptakan Wheelset Berteknologi Formula 1
Thu, 01 Dec 2016 | 22:28
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Bikeradar
Dibaca : 1.303 kali

SPORTKU.COM - Produsen komponen DT Swiss menggandeng SwissSide untuk menciptakan roda aero endurance terbaru. Dinamakan ERC 1100 Dicut, wheelset ini mengkombinasikan teknologi hub DT Swiss dan kemampuan manufaktur serta pengalaman SwissSide yang telah berkecimpung di balapan Formula 1 (F1) selama 50 tahun. ERC sendiri berasal dari singkatan Endurance Race Carbon. 

Menurut  JP Ballard dari Swiss Side, pihaknya telah bekerja di bidang aerodinamis selama 14 tahun bersama dengan tim Sauber. Teknologi F1 yang diaplikasikan pada dunia balap sepeda adalah teknologi CFD (Computational Fluid Dynamics) dan uji coba di terowongan angin. 

ERC 1100 Dicut mengaplikasikan teknologi aerodinamis yang terdapat pada mobil F1

DT Swiss, SwissSide, wheelset, sepeda endurance, formula 1, F1, Sauber

Roda ini memiliki bentuk yang menurun pada kedua sisinya berhidung tumpul dengan kedalaman 47mm, lebar internal 19mm dan 26.93mm pada titik terlebar di bagian luar.

ERC1100 baru diklaim sangat aerodinamis, stabil dan dapat diprediksi, dengan respon di bagian sisinya yang seimbang. Roda ini diklaim cocok digunakan dengan ban yang lebih lebar serta memiliki performa yang sangat baik, Roda ini juga stabil dan dapat membantu pebalap untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal, terutama saat melawan arah angin.

Dilaporkan Bikeradar, hub depan ERC1100 yang berbobot 90g memiliki 24 lubang yang berdesain bintang. Sementara hub belakang memiliki bearing keramik SINC standar, yang memiliki sil friksi ultra-rendah di bagian luarnya. Hub juga dapat di-service tanpa alat. Thru-axles (poros) RWS 12mm memiliki tuas yang dapat dilepas dan dibawa kemana saja dengan 0.9 watts lebih rendah dibanding kompetitornya.

Hanya saja, belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga wheelset baru ini.

Hub depan ERC 1100 Dicut

DT Swiss, SwissSide, wheelset, sepeda endurance, formula 1, F1, Sauber

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss