Road » Road Bike
Short URL:
Yorkshire Ditetapkan Jadi Tuan Rumah Road World Championships 2019
Fri, 21 Oct 2016 | 15:35
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 1.660 kali

SPORTKU.COM - Federasi bersepeda internasional UCI telah menetapkan Yorkshire sebagai tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan dunia balap sepeda jalan raya (Road World Championships) 2019. Dengan demikian kejuaraan dunia akan kembali ke Inggris untuk pertama kalinya sejak tahun 1982. 

Keputusan tersebut ditetapkan setelah pemilihan suara yang dilakukan komite manajemen UCI di Qatar beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Fitness First Tantang Para Pesepeda Lewat Ajang Criterium

"Komite manajemen UCI memberikan penghargaan kepada Yorkshire untuk penyelenggaraan UCI Road World Championships pada 2019. Sejak menjadi Grand Depart (lokasi start) Tour de France pada 2014 dan Tours de Yorkshire, daerah tersebut telah membuktikan dan mampu menjadi tuan rumah event penting tahunan ini dan kami yakin di sana akan menjadi kemeriahan kelas dunia untuk race tersebut," kata ketua UCI Bria Cookson dalam pengumuman resminya. 

Suasana saat para pebalap mendaki Buttertubs pada Tour de France 2014 (Foto: Welcome To Yorkshire)

Yorkshire, Road World Championships, kejuaraan dunia balap sepeda, tour de france, uci

Tawaran Yorkshire untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap sepeda didukung oleh federasi bersepeda Inggris (British Cycling) dan UK Sport ((lembaga pemerintah yang mendukung pengembangan olahraga di Inggris). Pemerintah Inggris memberikan jaminan untuk menanggung biaya event secara penuh dengan investasi £24 juta (sekitar Rp378,2 miliar).

Sekitar £15 juta (sekitar Rp236,4 miliar)dari jumlah itu akan diinvestasikan untuk membuat 27 fasilitas olahraga di Inggris, yang akan menjadi warisan abadi bagi warga. Yorkshire kemungkinan akan membayar sekitar €5 juta (Rp70,2 miliar) kepada UCI untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia, ditambah biaya teknis penyelenggaraan selama race.

Chief Executive Yorkshire Sir Gary Verity telah berupaya keras untuk “mengamankan” tuan rumah Kejuaraan Dunia 2019.

Baca: E-Voluzione, E-Bike Keren Hasil Kolaborasi Pininfarina-Diavelo

"Hari ini menjadi sebuah momen bersejarah. Yorkshire telah menunjukkan hal itu dengan mampu menjadi tuan rumah acara kelas dunia - Grand Depart , Tours de Yorkshire dan sekarang wilayah itu telah terpilih untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Jalan Raya selama sembilan hari pada 2019. Kami sudah mendapat pandangan dari banyak orang dan sambutan hangat, dan kami yakin, pebalap dunia terbaik akan menyukai jalan yang menantang yang kita tawarkan," katanya.

Denise Burton-Cole, peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia pada tahun 1975, dan putrinya juara dunia dua kali Beryl Burton OBE turut menyambut gembira atas keputusan tersebut. Sebab wilayah tersebut saat ini memiliki beberapa atlet kelas dunia yang kemungkinan akan bersaing di “rumah” mereka, termasuk Ben Swift dan juara dunia 2015 Lizzie Deignan (nee Armitstead).

"Kabar bahwa Yorkshire ditetapkan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia UCI di tahun 2019 itu adalah luar biasa. Ibu saya akan sangat bangga, karena Yorkshire menjadi tuan rumah untuk acara penting ini," kata Burton-Cole.

Selain itu, UCI juga telah menetapkan kejuaraan dunia untuk tahun depan akan dilangsungkan di Bergen, Norwegia. Sementara untuk tahun 2018, di Innsbruck, Austria. 

Dalam kesempatan yang sama, UCI juga mengumumkan sejumlah lokasi kejuaraan dunia lainnya, yang diantaranya adalah Mont-Sainte-Anne (Kanada) sebagai tuan rumah kejuaraan dunia MTB dan Master pada 2019. Heusden-Zolder (Belgia) dan Houston AS akan menjadi penyelenggaraan BMX World Championships pada 2019 dan 2020. Sedangkan Track Cycling World Championships 2020 akan digelar di Berlin, Jerman. 

Logo kejuaraan dunia balap sepeda 2019 (Foto: Welcome To Yorkshire)

Yorkshire, Road World Championships, kejuaraan dunia balap sepeda, tour de france, uci

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss