Road » Road Bike
Short URL:
Sempat Takut, Rider Kolombia Esteban Chaves Juarai Il Lombardia
Thu, 06 Oct 2016 | 11:06
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 2.424 kali

SPORTKU.COM - Rider Kolombia Esteban Chaves akhirnya berhasil keluar sebagai juara di race Il Lombardia pada akhir pekan lalu. Padahal, sebelumnya ia sempat merasa takut saat menghadapi etape terakhir di salah satu race Monument tersebut.

Chaves meluncurkan serangan saat mendaki Selvino, 30km menjelang finish. Serangan tersebut mengguncang kelompok pebalap terdepan. Hanya Rigoberto Uran (Cannondale-Drapac) dan Romain Bardet (AG2R La Mondiale) yang kemudian mampu mengikutinya. Kemudian Diego Rosa (Astana) membuat upaya untuk melaju di celah untuk menciptakan kuartet. 

Baca: Spinneys Dubai 92 Cycling Challenge Masuk Kalendar UCI Gran Fondo World Series

Bardet tertinggal ketika Chaves dan Uran menyerang pada tanjakan terakhir di Bergamo Alta. Keduanya berada semakin dekat dengan tiga pebalap di finish, setelah turunan ke Bergamo Bassa.

"Saya takut kalah di finish. Seharusnya saya finish kedua atau ketiga. Itu bukan masalah karena saya tahu,saya telah melakukan yang terbaik," kata Chaves, dilansir Cyclingnews.

Esteban Chaves (Foto: Cyclingnews.com/Getty Images Sport)

pebalap Kolombia, Esteban Chaves, Il Lombardia 2016, Orica-BikeExchange, road race, road bike Scott

"Kami telah melakukan semua tanjakan dan turunan. Saya juga tahu, saya memiliki kondisi yang baik. Saya seharusnya berbagi kepemimpinan dengan Simon Yates. Tapi ia sakit. Taktik kami adalah untuk tetap tenang dan menyimpan “kaki” untuk akhir dan itulah yang terjadi. Pada akhirnya, saya memiliki “kaki” yang lebih lengkap daripada anak-anak lain," tambah Chaves. 

Chaves adalah bagian dari generasi baru dari pebalap Kolombia yang sangat sukses. Namun dia memperingatkan bahwa ia dan pemenang Vuelta a Espana, Nairo Quintana, hanyalah puncak dari gunung es berbakat dari Amerika Selatan.

Baca juga : 600 Rider Bakal Bersaing di GFNY Indonesia

"Saya sudah memiliki musim yang luar biasa. Tetapi yang paling sulit adalah mempertahankan, untuk tetap menjadi kompetitif di tingkat ini. Dalam beberapa tahun terakhir, kami ingin mendapatkan hasil yang baik. Tahun ini kami ingin menang dan hasil yang lebih baik di Grand Tours. Tahun lalu saya ditargetkan untuk mendapatkan peringkat yang baik di Vuelta dan saya melakukannya. Tahun ini saya juga melakukannya, pada Giro dan Vuelta."

Usai race ini Chaves menyatakan akan merayakan kemenangannya pada musim ini dan berlibur. 

“Ini adalah balapan terakhir saya. Sekarang saatnya untuk merayakan musim dan pergi berlibur," pungkas Chaves. 

Esteban Chaves bersama trofi juara Il Lombardia (Foto: Cyclingnews.com/Tim de Waele)

pebalap Kolombia, Esteban Chaves, Il Lombardia 2016, Orica-BikeExchange, road race, road bike Scott

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss