Road » Road Bike
Short URL:
Pebalap Sepeda Paralympic Iran Tewas Setelah Kecelakaan di Road Race
Mon, 19 Sep 2016 | 11:12
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 1.179 kali

SPORTKU.COM - Tragedi menimpa Rio Paralympic ketika pebalap sepeda Iran Bahman Golbarnezhad meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan di road race C4 Sabtu (17/9) lalu. Demikian pernyataan yang dirilis oleh Komite Paralympic International (IPC).

Menurut pernyataan IPC, pebalap sepeda berusia 48 tahun itu terlibat dalam kecelakaan dia bagian pertama di loop Grumari dan mendapat perawatan di tempat kejadian. Dia kemudian dibawa ke Athlete Hospital dan dipindahkan ke Unimed Rio Hospital di Barra. Namun Golbarnezhad tak bisa tertolong.

Baca: Contador Hijrah ke Trek-Segafredo

"Ini adalah berita yang sangat menyakitkan dan seluruh Gerakan Paralympic - teman-teman, dan rekan tim serta seluruh Komite Paralimpik Nasional (NPC) Iran - berbelasungkawa kepada keluarga Bahman," kata Presiden IPC Philip Craven. 

Presiden UCI Brian Cookson juga turut belasungkawa setelah mengetahui berita itu.

Baca: Catatan Medis 2 Pebalap Sepeda Inggris Dibocorkan Peretas

"Saya terpukul mendengar tentang kematian pebalap Iran Bahman Golbarnezhad," kata Cookson. "Kami turut berbelasungkawa, bersama keluarga dan teman-temannya, dan NPC dari Iran," tambahnya.

IPC menyatakan, bendera Iran dan bendera Paralympic telah diturunkan menjadi setengah tiang di Paralympic Village dan di Rio Centro, tempat di mana Iran akan bertanding melawan Bosnia Herzegovina pada cabang voli untuk memperebutkan medali emas. 

Baca: Pesepeda Zanardi Raih Emas Pada 15 tahun Peringatan Kecelakaannya

Rio 2016 Paralympic Games adalah lomba kedua Golbarnezhad. Pada hari Rabu, ia mengambil bagian dalam waktu lomba trial C4 dan finish di posisi 14. Dia juga berpartisipasi di London 2012 Paralympic Games. Golbarnezhad memulai balapan pada tahun 2002.

Terkait kecelakaan ini, IPC menyatakan telah melakukan investigasi.

Bahman Golbarnezhad (Foto: Getty Images Sport)Rio Paralimpiade, Bahman Golbarnezhad, Rio 2016 Paralympic Games

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

Cyclingnews