Road » Road Bike
Short URL:
Selain Wisata, Lombok Juga Disebut Surganya Cyclist
Thu, 25 Aug 2016 | 17:52
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 8.197 kali

SPORTKU.COM - Lombok telah lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Hal itu karena Lombok memiliki panorama alam dan laut yang menarik, berikut fasilitas bagi wisatawan yang telah tergolong kelas dunia. Tapi, Lombok juga pulau yang juga menarik bagi para penggemar sepeda atau cyclist di dunia. Lombok memiliki banyak daya tarik bagi kalangan penggemar sepeda. Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH M. Zainul Majdi. 

“Lombok itu indah pariwisatanya. Satu aspek untuk sport tourism, juga sangat menarik. Kalau orang yang ingin cycling (bersepeda) di Lombok, dia bisa menemukan rute yang sangat beragam,” jelas gubernur NTB di usai mengikuti pemeriksaan rute Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia, di Mataram. 

Gubernur yang juga aktif bersepeda itu menyatakan bahwa bagi yang yang suka dengan yang rute yang ringan, mereka tentu bisa keliling di dalam kota, melalui Ring Road selatan dan utara, yang berjarak  sekitar 30km. Sedangkan kalau yang ingin lebih serius sedikit, mungkin yang suka dengan perjalanan middle distance, mereka bisa mengambil rute, misalnya, dari Mataram ke Kuta yang berjarak sekitar 60 hingga 70 km. Perjalanan bisa melewati By Pass, yang berjarak sekitar 30km, dengan kondisi jalan yang sudah mulus. 

Sementara itu, untuk perjalanan jarak jauh, pesepeda bisa ke Lombok Timur atau mengelilingi pulau Lombok. 

Lombok juga memiliki kawasan yang menarik bagi mereka yang suka mendaki (climbing). Mereka bisa menuju Rinjani, atau selatan. Kalau yang ingin yang lebih ekstrem lagi bisa menuju Sembalun. 

“Semabalun itu, menurut cyclist dari luar (negeri), termasuk tanjakan yang cukup berat untuk ukuran Indonesia. Jadi beragam sekali. Tinggal dipilih aja. Semua ada di sini,” tegas Gubernur. 

Selain bagi penggemar road bike, Lombok juga bisa menjadi memiliki rute menarik untuk penggemar MTB. Trek tersebut di kawasan Rinjani. 

“Di sini, juga surga buat cyclist karena di kiri kanan banyak pohon. Jadi relatif nyaman,” pungkas Gubernur NTB.

Lombok sendiri akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan Balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia yang akan dihelat pada 2 Oktober mendatang. Kejuaraan ini berskala internasional dan akan diikuti oleh pesepeda dari dalam dan luar negeri.   

Peserta uji coba lintasan saat melintasi kawasan wisata pantai Senggigi (Foto: Adi Supriyatna)Gran Fondo New York Indonesia, GFNY Indonesia, kejuaraan balap sepeda, balap sepeda internasional

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss