Road » Road Bike
Short URL:
Olimpiade 2016
Pebalap Swiss Fabian Cancellara Akhiri Karirnya dengan Medali Emas
Fri, 12 Aug 2016 | 18:18
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 4.839 kali

SPORTKU.COM - Fabian Cancellara menutup karir balap sepeda profesionalnya selama 16 tahun  dengan memenangkan medali emas di Time Trial (TT) Putra di Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil,  pada hari Rabu (10/8) lalu. Ini adalah medali emas kedua Olimpiade dalam karir Cancellara, setelah Olimpiade Beijing.

Melakukan start pada 5 pebalap terakhir, Cancellara memang tidak difavoritkan setelah tampil kurang maksimal di TT mendatar di Tour de France pada bulan Juli lalu. Tapi dengan upayanya yang keras, Cancellara sukses menjadi yang tercepat. 

Sementara itu, medali perak diraih oleh Tom Dumoulin (Belanda) dengan selisih waktu 47 detik dan juara Tour Chris Froome meraih medali perunggu.

"Ini istimewa. Saya masih belum memiliki kata-kata," kata Cancellara berseri-seri. 

"Setelah kekecewaan pada tahun 2012 dan banyak penurunan yang saya miliki, ini adalah musim terakhir saya. Olimpiade dan kesempatan terakhir saya untuk melakukan sesuatu," tambah Cancellara.

Lintasan sepanjang 54,6km memiliki dua lap yang sulit, dimana masing-masing putaran memiliki dua tanjakan curam sepanjang 1km pendakian ke Grumari dan  Grota Funda 2km. Kondisi hujan makin membuat turunan teknis menjadi lebih berbahaya.

"Saya tahu, itu akan menjadi hari yang berat, penuh tantangan dengan Chris Froome, Tom Dumoulin dan yang lain, dengan lintasan terbuka untuk semua karakteristik yang berbeda. Saya tidak memiliki kata-kata. Mengakhiri karir setelah 16 tahun dengan emas, bukan sesuatu yang buruk," jelas Cancellara.

Cancellara memimpin lomba, dengan waktu kurang dari satu detik setelah 10km. Kemudian di titik cek kedua, dia berada 24detik di belakang pebalap Australia Rohan Dennis, dan beberapa detik di depan Castroviejo dan Dumoulin.

Cancellara mengatakan bahwa dia tidak melakukan sesuatu yang spesifik pada putaran kedua. Upayanya di putaran pertama menjadi kunci kemenangannya. 

"Kami melihat itu bersama pelatih dan manajer tim. Kami bekerja keras dan kemarin saya bahkan merasa ragu. Pada akhirnya, saya menemukan cara untuk fokus pada apa yang perlu saya lakukan dan ini adalah mengenai tidak melaju terlalu cepat di awal karena setelah lebih dari satu jam, Anda harus menyeimbangkan segalanya dengan benar. Saya menemukan kunci yang baik untuk melaju lebih cepat sepanjang hari dan sekarang saya merasa senang," pungkasnya.

Fabian Cancellara bersama medali emas Olimpiade Rio di nomor TT Putra (Foto: Getty Images Sport)Olimpiade 2016, Fabian Cancellara, medali emas TT, time trial pria

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

Cyclingnews