Road » Road Bike
Short URL:
10 Cara Mudah Membuat Road Bike Lebih Cepat (Bag.2)
Thu, 08 May 2014 | 12:00
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 13.381 kali
Kategori : Tip, Road Bike, Cepat

SPORTKU.COM Road bike atau sepeda balap sejatinya didesain untuk memberikan kecepatan yang maksimal bagi pengendaranya. Namun, dengan beberapa teknik sederhana, sepeda ini dapat berlari lebih cepat dari sebelumnya. Apa saja yang harus dilakukan? Perhatikan dan ikuti beberapa hal dibawah ini.

Perpendek Rasio Gear 

Seperti gearbox mobil, akan lebih memuaskan bila menggunakan cassette dengan gap rasio yang sempit. Dengan demikian, Anda akan sesuai dalam irama yang ideal dengan kecepatan kaki Anda dan ini akan menghemat energi dan waktu. Dengan gap yang sekecil mungkin antargigi, Anda akan selalu berada di tempat yang ideal pada kurva kekuatan Anda. 

Kaset dengan perbedaan satu gigi (T), antara 14T dan 19T, sangat ideal karena Anda akan menemukan 16T dan 18T - yang penting. Jika banyak mendaki bukit akan memerlukan rasio roda gigi yang cukup rendah untuk mengelola gradien (kemiringan medan). 

Posisikan pegangan chain wip dan alat (kunci) lockring sehingga dapat diputar menggunakan metode 'gunting'. Instal kaset baru dan lockring dengan minyak dan kencangkan dengan kuat!

Tip, Road Bike, Cepat

 

Mengurangi Bobot 

Kurangi bobot sepeda sebanyak mungkin. Untuk bersepeda dalam jarak pendek atau kurang dari 10mil (atau sekitar setengah jam), tempat dan botol bisa dilepas. Lepaskan pula semua aksesori lain yang tidak diperlukan, seperti mudguards (sepatbor), pompa, lampu, reflektor dan tas sadel. Kemudian bersihkan setiap sisa merek dan lem perekat (lem). Sepeda Anda akan kinclong, terlihat menarik dan akan membuat Anda lebih cepat.

Tip, Road Bike, Cepat

 

Memantau Data 

Instal perangkat pengukur denyut jantung atau jarak untuk mengetahui kecepatan cepat Anda. Pastikan tersedia ruang pada stang. Jika tidak, lepaskan perangkat yang tidak perlu, seperti bel, lampu atau reflektor. 

Ketika menempatkan magnet pada roda, carilah tempat yang terberat dan memungkinkan agar lengan dapat beristirahat secara alami. Ini biasanya di batang stem. Kemudian instal magnet roda pada sisi yang berlawanan sebagai penyeimbang, agar rotasi roda lebih halus saat dalam kondisi cepat.

Tip, Road Bike, Cepat

 

Menghindari Bencana 

Jika sepeda Anda dilengkapi dengan quick-release murah, pertimbangkan untuk menggantinya dengan versi metal dari Campagnolo atau Shimano, misalnya. 

Untuk memastikan kekuatannya dengan benar, tuas harus mengikat setengah bagian sehingga Anda memerlukan sedikit kekuatan untuk menguncinya. Periksa semua mur dan baut yang ada pada sepeda, terutama pada stang dan stem, termasuk baut crank arm, baut kabel jangkar, pedal dan sadel.

Tip, Road Bike, Cepat

 

Streamline

Rampingkan diri dan sepeda Anda dengan dimulai dari sepatu. Kenakan cover sepatu, walau dengan cover berbahan lycra yang tipis. Jika anggaran memungkinkan, mengggunakan helm aero atau one-piece skinsuit adalah pilihan yang relatif murah, yang bakal memberi dampak yang signifikan untuk menambah kecepatan.

Tip, Road Bike, Cepat

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss