Road » Road Bike
Short URL:
10 Cara Mudah Membuat Road Bike Lebih Cepat (Bag. 1)
Thu, 08 May 2014 | 11:00
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 21.187 kali
Kategori : road bike, tips, cepat

SPORTKU.COM - Road bike atau sepeda balap sejatinya didesain untuk memberikan kecepatan yang maksimal bagi pengendaranya. Namun, dengan beberapa teknik sederhana, sepeda ini dapat berlari lebih cepat dari sebelumnya. Apa saja yang harus dilakukan? Perhatikan dan ikuti beberapa hal dibawah ini.

Untuk membuat sepeda balap berlari lebih cepat, diperlukan beberapa alat pembatu. Sebagian kecil dari alat yang diperlukan memang termasuk khusus, tapi selebihnya bersifat umum atau mudah ditemukan. Alat-alat tersebut antara lain multi-tool, allen keys, obeng, zip-ties, electrical tape, pembersih rantai, lockring tool, spray lube, minyak pelumas, kain perca, pompa lantai dengan pengukur tekanan. 

road bike, tips, cepat

 

Tekanan Ban 

Langkah pertama dan yang paling penting, serta salah satu yang paling sederhana adalah memastikan ban dipompa dengan tekanan yang benar. Umumnya, dengan memberikan tekanan sekitar 100 hingga 120 psi pada ban akan membuat perbedaan besar dibanding dengan tekanan 85 psi. 

Jika Anda menggunakan ban tubular, Anda bisa menaikan tekanan hingga 200 psi. Tapi hal ini tergantung juga pada ban yang digunakan agar terhindar dari kerusakan. 

road bike, tips, cepat

Efisiensi Pada Drivetrain 

Drivetrain yang kotor dan bersuara akan membutuhkan energi yang besar. Hilangkan minyak hingga kering dan benda lain yang menyumbat drivetrain dengan cara membersihkan rantai, dan memberi pelumas pada roda RD (rear derailleurs). Gunakan perangkat dan cairan pembersih rantai dan keringkan dengan lap. Kemudian lumasi dan keringkan semua cairan dengan lap kembali hingga benar-benar kering. 

Gunakan Allen keys 3mm untuk melepas roda RD dengan melepaskan rantai terelbih dulu agar pengerjaannya lebih mudah. Untuk memastikan roda atau perangkat tersebut berputar bebas, bongkar dan bersihkan bos dan lengan RD, kemudian berikan beberapa tetes minyak pelumas.

road bike, tips, cepat

 

Mengganti Roda  

Jika Anda punya uang ekstra, tak ada salahnya membeli satu set roda yang sedikit lebih aerodimanis dengan jumlah jari-jari yang lebih sedikit. Anda pasti akan merasakan perbaikan dan merasa lebih cepat. 

Pasang roda dengan benar dan pastikan gear dan rem bekerja dengan benar pada roda yang baru. Periksa tinggi kanvas rem dan posisikan ke tepi pelek dan ban agar tidak merusak dinding samping ban.

road bike, tips, cepat

 

Menggunakan Clip-On

Untuk perbaikan yang dramatis, tak ada salahnya mencoba clip-on bar. Alat ini akan memberikan keuntungan aerodinamis yang cukup dengan menutup dada dan lengan serta mengurangi daerah frontal pada tubuh anda. 

Posisikan clip on dengan baik sehingga Anda tidak perlu mengubah posisi sadel normal. Pastikan semua sekrup dan baut diberi grease (krim pelumas) dan kencangkan  agar clip-on tidak bergerak ke bawah. Set sandaran lengan dan ekstensi sehingga posisi lengan bagian depan sekitar berada sepertiga dari siku dengan lengan atas, pada posisi 75 sampai 90 derajat.

road bike, tips, cepat

 

Rapikan Kabel 

Perhatikan sekitar kokpit dan rapikan kabel. Selipkan kabel ziptie pada bagian kabel yang menonjol. Pastikan semuanya agar tidak tersangkut, menggantung dan gerakan stang tetap aman. Periksa kembali kondisi gear dan rem yang telah disesuaikan karena hal ini dapat mempengaruhi jalur kabel. 

Pastikan penyandar lengan di posisi yang benar dan kuat, dan gunakan armpads jenis Velcro agar lengan dan siku lebih nyaman. Perhatikan ujung depan pelana. Jika merasa tidak nyaman ketika di clip-on, turunkan ujung sadel.

 

 

 

road bike, tips, cepat

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss