Road » Road Bike
Short URL:
Jogja Bicycle Race 2013
Ajang Mencari Pembalap Muda Berbakat
Mon, 29 Apr 2013 | 17:12
Teks : Andi Wahyudi
Foto / Video : Dok. Jogja Bicycle Race
Dibaca : 9.007 kali

SPORTKU.COM - Jogja Bicycle Race 2013 (JBR 2013) Seri ke-2 yang diselenggarakan di Kabupaten Sleman, DIY diikuti 219 pembalap yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga diikuti utusan dari SD dan SMP se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bendera start dikibarkan Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu di Komplek Perkantoran Pemda Sleman, Sabtu (27/4). Nomor Individual Road Race (IRR) menjadi nomor pembuka di ajang ini. IRR menempuh jarak 60,1km dengan karakter medan jalan 90% mendaki. Garis finish berada di lokasi Wisata Telogo Putri, Kaliurang.

Beratnya medan jalan cukup membuat para peserta kewalahan dalam menentukan gear yang tepat. Alhasil cukup banyak pembalap yang berguguran dan akhirnya menumpang Broom Wagon (mobil penyapu). Lokasi finish berada di lereng Gunung Merapi dengan ketinggian 1100dpl.

Nomor Criterium Race dilaksanakan Minggu (28/4) di sirkuit Lapangan Pemda Sleman. Setiap peserta harus menempuh lapangan yang berjarak 1,4km. Nomor ini juga diramaikan oleh para pelajar SD-SMP Daerah Istimewa Yogyakarta yang terbagi dalam kelas Pemula Pelajar Lokal DIY (SMP) dan Kadet Pelajar Lokal DIY (SD). Nomor ini menjadi perhatian serius di kalangan pecinta olahraga balap sepeda Yogyakarta. Ini adalah ajang untuk menjaring bibit-bibit baru atlet berprestasi asli Kota Gudeg.

Perhelatan lomba balap sepeda terbesar di Yogyakarta ini juga dihadiri oleh Ketua KONI DIY GBPH Prabukusumo, Sekjen PB ISSI Sofyan Ruzian, SH., Ketua Umum Pengprov ISSI DIY Ir. Triharjun Ismaji, Kapolres Sleman AKBP Hery Sutrisman SH., dan Kepala Balai Pemuda dan Olahraga DIY.

Yang menarik pada event ini adalah dijadikannya event JBR 2013 seri ke-2 ini sebagai praktek kelulusan bagi para peserta penataran wasit (Commissairre) nasional yang diselenggarakan oleh lembaga tertinggi balap sepeda dunia UCI.

Jogja Bicycle Race 2013 ajang mencari pembalap sepeda muda Yogyakarta

jogja bicycle race 2013, balap sepeda, individual road race, criterium race, atlet muda yogyakarta, kabupaten sleman, daerah istimewa yogyakarta, pemda sleman, gunung merapi

Editor : Andi Wahyudi