Road » Other Road
Short URL:
Putaran Piala Dunia CX di Koksijde Dibatalkan, Begini Tanggapan Para Rider
Mon, 21 Nov 2016 | 15:51
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Cyclingnews
Dibaca : 1.627 kali

SPORTKU.COM - Putaran Piala  Dunia Cyclo-Cross (CX) di Koksijde, Belgia, akhir pekan lalu dibatalkan oleh penyelenggara. Hal itu dilakukan demi keselamatan para peserta. Penyebabnya adalah kondisi cuaca yang ekstrem. Penyelenggara pun mengklaim tidak bisa memberikan garansi keamanan bagi para rider yang akan berlomba.

Pembatalan race tersebut ditanggapi secara beragam oleh para rider. Sebagian rider menyatakan setuju atas pembatalan tersebut dan ada pula yang tidak setuju.   

Mathieu van der Poel misalnya. Bintang Belanda itu menganggap penyelenggara terlalu cepat membatalkan race. Ia menyatakan, cuaca dinilai lebih bersahabat saat race-nya yang diagendakan pada pukul 15:00 waktu setempat. Ia menilai perjalanannya dari pusat pelatihannya di Spanyol ke Koksijde menjadi sia-sia.  .

Piala Dunia CX, Koksijde, cyxlo cross, Mathieu van der Poel, Katie Compton, Wout Van Aert

“Saya kira, keputusan itu (membatalkan race) terlalu dini. Masih ada beberapa jam sebelum race dan angin bisa kembali tenang. Ini adalah salah satu race favorit saya dan mungkin bukan hanya saya. Sekarang fokus saya adalah pekan depan (Piala  Dunia di Jerman),” kata van der Poel dikutip dari Cyclingnews.

Sementara itu, suami Katie Compton, Mark Legg, melihat kondisi cuaca waktu itu tidak akan membaik dan setuju ketika race kategori Men U23 dibatalkan.

“Race U-23 dibatalkan. Masih sangat berangin di sini. Akan buruk bila @KatieFnCompton berlomba hari ini,” ungkapnya

Juara AS Jeremy Powers ikut berkomentar di Twitter.

“Cuaca buruk terjadi, meski di Eropa. Alam menyerang kembali!” cuit Powers

Gagalnya race seri 4 membuat posisi klasemen tidak berubah. Wout Van Aert (Crelan-Vastgoedservice) tetap berada di puncak klasemen kategori Elite Men. 

“Kecewa tidak bisa berlomba hari ini. Tapi saya pikir, organisasi telah membuat keputusan yang berani untuk membatalkan semua race. Utamakan keselamatan!” ungkap Van Aert.

Untuk diketahui badai melanda kawasan Flanders barat sepanjang malam diiringi hembusan angin yang mencapai 100 km/jam. Dengan lintasan yang berpasir dan adanya pepohonan di sekitarnya, hal itu dianggap bisa membahayakan bagi para rider di Koksijde.

Wout Van Aert

Wout Van Aert, Piala Dunia CX, cyclocross, Iowa City, Crelan-Vastgoedservice

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss