Road » Other Road
Short URL:
Nih, Tip Paten Merawat Roda
Sat, 23 Aug 2014 | 12:00
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 1.997 kali

SPORTKU.COM - Wheelset atau komponen roda adalah salah satu bagian penting pada sepeda. jika bermasalah, maka bisa membawa bencana bagi rider. Berikut beberapa tip sederhana untuk mengetahui sekaligus memperbaiki roda yang bermasalah.  

Periksa Roda
Posisikan sepeda pada standar lantai dan putar setiap roda. Untuk pengguna rem V brake, perhatikan jarak antara bantalan rem dan pelek. Jika jarak di kedua sisinya lebih dari 2 mm, maka roda mungkin bermasalah. Anda bisa membawa ke bengkel atau memperbaikinya sendiri. Jika Anda terus menggunakannya, kondisi pelek bisa lebih buruk dan menyebabkan pad rem menempel pada pelek.

Jari-Jari
Salah satu penyebab masalah pada roda yang paling umum adalah karena jari-jari yang longgar. Periksa ketegangan jari-jari, dengan menghimpitkan dua jari-jari secara bersamaan, antara ibu jari dan jari lainnya.  Jari-jari yang longgar akan terlihat jelas dan terasa saat ditekan. Untuk mengencangkannya, gunakan kunci pas  dan putar nipple searah jarum jam, dengan menaikan seperempat putaran. Jika roda masih goyah, maka pelek Anda bermasalah.

Rims (Pelek)
Dikutip dari Bikeradar, kondisi pelek dapat bertahan sekitar 20 ribu mil atau lebih bila digunakan secara konstan dalam kondisi jalan yang basah. Sedangkan pada kondisi jalan berpasir, jaraknya bisa lebih pendek. Beberapa rims memiliki indikator keausan yang hilang atau bisa terlihat ketika dinding samping menjadi terlalu tipis - cek ke produsen pelek untuk mengetahui jenis yang dimiliki. Atau, rasakan dinding samping, pada area cekungan. Jika rims bermasalah tapi roda baik-baik saja, Anda bisa dengan mengganti rim saja.

Hub
Ambil roda dan tekan ke samping kiri dan kanan. Jika terasa goyang, bantalan roda mungkin longgar. Jika roda tidak bergerak lancar saat diputar, maka hub cenderung terlalu ketat. Roda yang memiliki hub dengan bantalan sealed cartridge, umumnya membutuhkan alat khusus untuk memperbaikinya. Tapi, roda dengan “cangkir” dan bantalan bola dapat disesuaikan dengan kunci pas yang kecil. Atur kekencangannya sampai roda berputar dengan bebas. Jika cara ini tidak berhasil, bawalah roda ke toko atau bengkel sepeda terdekat karena bisa jadi Anda perlu mengganti bearing dengan yang baru.

Selamat mencoba!

Tahukah Anda?

  • Tekanan maksimum yang diizinkan pada ban bisa lebih tinggi dari apa yang merekomendasikan oleh produsen pelek. Periksalah kembali mengenai hal itu sebelum Anda memompa ban.
  • Penggunakan bantalan rem (brake pad) yang tidak direkomendasikan atau disediakan oleh produsen roda bisa beresiko dan membatalkan garansi.

Ilustrasi: Roda. (Foto: Sonny Hastara)Tip Merawat Roda, hub, rims, nipple spoke

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss