Road » Other Road
Short URL:
Cara Mudah Merawat Sepeda di Musim Hujan
Sun, 27 Jul 2014 | 21:19
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Bicycling
Dibaca : 1.748 kali

SPORTKU.COMHujan dan kotoran atau campuran tanah dapat mempengaruhi performa sepeda. Untuk itu, perlu diperhatikan agar sepeda bisa tetap prima saat digunakan. 

Menurut Craig Geater, mekanik Orica-GreenEdge, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar sepeda tetap prima saat digunakan pada kondisi basah. Apa saja?

Turunkan Tekanan Ban 

“Kami menggunakan ban yang biasanya diisi dengan 9 atau 10 bar (130 hingga 145 psi)” kata Geater seperti dikuitp dari Bicycling. Tapi, di saat hujan, ia menurunkannya, menjadi 8 atau 8.5 bar (116 hingga 123 psi). Hal itu membuat ban cukup keras, tapi memungkinkan rider dapat merasakan traksi dan juga lebih aman.    

Menambahkan Grease 

Bila hari akan hujan, mekanik Orica-GreenEdge menambahkan grease (gemuk) anti air pada rantai dan pulley pada RD. ini dilakukan agar air tidak mengganggu bearing dan perangkat penghubung lainnya, serta mencegah kotoran/pasir dari jalan menempel. 

Memberi Pelumas 

“Kami selalu menjaga sepeda tetap terlumasi,' kata Greater. Tapi, sehari setelah hujan, pastikan untuk memberikan grease pada headset, pulley RD dan rantai. 

Cuci Dengan Benar

Bila anda menghabiskan waktu seharian bersepeda ditengah hujan dan trek tanah, cuci sepeda dengan jasa profesional. Hati-hati, pastikan untuk tidak menyemprot ke bagian bergerak (headset, BB, derraileur, atau permukaan lain yang memiliki bearing agar tidak menghilangkan pelumas yang ada. 

Perbaiki Cacat Dengan Lem Super

Kotoran dan kaca dapat membuat ban terhambat di tengah hujan. Oleh karena itu, segera periksa kondisi bagian tersebut. Anda mungkin menemukan potongan atau goresan. Bila potongan sampai ke bagian kevlar, ganti ban segera. Jika tidak, isi potongan tersebut dengan lem super. “Ini cara terbaik untuk menambal dan menutup cacat minor pada ban,” ujar Geater.       

 

Cucilah sepeda dengan benar agar pelumas yang ada malah tidak hilang.

tips, merawat sepeda, cara merawat sepeda di musim hujan

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss