Road » Other Road
Short URL:
Rahasia Para Pembalap Sepeda Tercepat di Dunia
Wed, 26 Mar 2014 | 14:43
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 38.469 kali

SPORTKU.COM - Michael Hutchinson, mantan pembalap sepeda profesional dan penulis buku "Faster: The Obsession, Science and Luck Behind The World’s Fastest Cyclists", mengungkapkan rahasia bagaimana seseorang dapat bersepeda dengan secepat mungkin. Bagimana caranya? Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui sebagaimana dikutip dari Telegraph.

Peralatan

Memonitor kinerja jantung adalah sesuatu yang penting jika Anda ingin serius. Dan power meter adalah sesuatu yang penting. Perangkat ini dapat memberikan info yang tepat mengenai kinerja Anda ketika bersepada dalam berbagai kondisi – cuaca dan angin, dan kondisi lainnya. Dengan power meter, Anda dapat melihat dengan jelas seberapa kerja keras Anda mengayuh pedal pada saat-saat tersebut. Kemudian Anda dapat mengunduh ke data dari perangkat tersebut ke komputer dan mengukur kemajuan Anda.

Diet

Ketika melakukan ajang balap yang panjang, Anda membutuhkan asupan karbohidrat yang memadai dan Anda mungkin akan berpikir tentang minuman karbohidrat, glukosa dan minuman energi. Anda harus memastikan 60 gram karbohidrat  dan cairan sebanyak 500 sampai 600 ml yang masuk ke tubuh setiap jamnya.

Ada orang yang selalu makan 120 gram karbohidrat selama perlombaan karena mereka berpikir bahwa energi ekstra akan membuat mereka lebih cepat. Padahal hal itu keliru karena tubuh tidak dapat menyerapnya.

Jersey

Bahan jersey yang dapat "bernapas" dan membuat keringat cepat terjauh akan membuat Anda tetap hangat. Dan, kenakan pula jersey yang baik dan pas karena hal itu dapat memberi pengaruh hingga 90 persen. Jika Anda memiliki power meter maka Anda akan dapat melihat perbedaan yang nyata mengenai berapa jumlah energi yang dibutuhkan untuk dimasukkan ke dalam tubuh ketika Anda mengenakan jersey longgar dibandingkan dengan jersey yang ketat.

Latihan

Anda dapat berlatih dengan seribu cara yang berbeda, tergantung pada siapa dan apa tujuan Anda. Tapi apa yang seharusnya Anda lakukan adalah melakukan latihan dengan menempuh jarak balapan, sejauh mungkin. Jika perlombaan berlangsung di dataran tinggi, maka Anda pun harus melatih di ketinggian juga.

Michael Hutchinson menemukan metode pelatihan interval yang membuat seseorang yang sudah cepat, bisa menjadi sangat cepat. Anda mungkin melakukan dengan interval satu menit, dua menit dan tiga menit - apa pun yang cocok untuk Anda dan akan membuat Anda melihat ke akhir interval. 

Psikologi

Ada dua psikologi dalam melihat performa seseorang dalam bersepeda. Ada psikologi terkait pelatihan dan disiplin, serta psikologi dalam mengikuti perlombaan. Sebelum lomba, perlu melatih diri dan menenangkan pikiran agar rileks dan mengetahui apa yang akan dilakukan dan menciptakan ketenangan pada hari itu. 

Ada satu pelatih yang akan membawa Anda melalui semua kemungkinan tersebut - apa yang akan dilakukan jika memimpin pada saat ini, apa yang akan dilakukan jika berada di posisi kedua atau ketika disusul pembalap lain atau apa hal terburuk yang akan terjadi. Anda harus sangat berhati-hati terhadap semua visualisasi. Jika Anda mulai memvisualisasikan hal-hal yang salah, hasilnya mungkin akan salah. Jadi, psikologi adalah alat yang ampuh.

Genetika

Pesepeda memiliki bentuk tubuh dan ukuran yang beragam. Kaki yang panjang tidak terlalu diperlukan karena yang penting adalah faktor mekanisme internal. Hutchinson selalu bisa melaju dengan cepat karena memiliki sistem aerobik yang sangat besar. Dia dapat mengambil banyak oksigen dan membakarnya.

Anda mungkin tidak dapat melakukan banyak hal mengenai genetika, tetapi Anda selalu dapat mengoptimalkan apa yang Anda miliki. Seseorang yang “miskin” secara genetika atau tidak memiliki kapasitas aerobik, mungkin tidak akan pernah bisa memenangkan Tour de France – tapi kemudian, hal itu bukanlah tujuan utama kebanyakan orang bukan?

Hutchinson, tips, race,  jersey, karbohidrat, power meter, aerobik

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss