Road » Folding Bike
Short URL:
Peugeot Ciptakan Sepeda Lipat Elektrik Unik
Thu, 08 Sep 2016 | 11:35
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Peugeotdesignlab.com
Dibaca : 5.688 kali

SPORTKU.COM - Peugeot ternyata tak hanya fokus dalam perkebangan industri otomotif saja. Tapi Pabrikan mobil asal Prancis ini juga aktif melakukan riset dan juga menciptakan alat transportasi lainnya. Hal itu dibuktikan dengan diluncurkannya Peugeot EF01 di Paris Motor Show, 7 September lalu.

Pengalaman perusahaan ini dalam produk sepeda lipat sendiri memang cukup panjang dimana  perusahaan ini pernah memproduksi sepeda lipat pertamanya yang dirancang untuk tentara Perancis oleh Kapten Henri Gerrard pada tahun 1892, dan menjadi ikon sepeda lipat dari tahun 1970-an.

Dirancang oleh Peugeot Design Lab, Peugeot EF01 pada dasarnya adalah sepeda lipat yang dilengkapi dengan perangkat motor listrik dengan sistem pedal assist.     

EF01 diklaim menawarkan penggunaan yang mudah, halus dan aktif untuk perjalanan berkat fitur multimoda serta memiliki mekanisme lipatan yang inovatif. Sepeda ini dapat dilipat dalam waktu kurang dari 10detik. Dimensinya yang mungil juga membuat sepeda ini begitu praktis, baik saat dikendarai, melakukan perjalanan dengan kereta atau bus.

"EF01 memiliki keunggulan ergonomi yang dioptimalkan. Selain bisa dilipat, sepeda ini memungkinkan penggunanya berjalan dengan mudah, dengan handle yang handle pada frame. EF01 memiliki sistem memori yang telah dipatenkan pada sadel, yang membuat tinggi sadel yang ideal dapat dicapai dengan cepat setiap kali digunakan," jelas Neil Simpson, Kepala Desainer Peugeot Design Lab dalam siaran pers.

Juga dirancang khusus untuk pengguna mobil SUV Peugeot 5008, sepeda lipat dengan roda 16inci ini memiliki Dockstation, yang bisa disimpan dan diisi ulang di bagasi SUV tersebut. Baterai lithium-ion pada sepeda ini berukuran 12-volt dan dapat dapat diisi ulang selama dua jam lewat stopkontak standar.

Berbobot sekitar 17kg, EF01 dapat melaju hingga 20km/jam dengan daya jelajah menggunakan baterai mencapai 30km. Sepeda lipat ini turut dilengkapi rem cakram di kedua rodanya. Fitur unik lainnya, sepeda ini dapat “berkomunikasi” dengan telepon seluler pintar lewat koneksi Bluetooth. Ada pula aplikasi Mypeugeot APP yang dapat digunakan untuk melihat capian jangkauan dan status kondisi baterai.

EF01 akan dijual di jaringan penjualan Peugeot dan Cycleurope pada semester pertama tahun depan.

Desain lipatan Peugeot EF01 Peugeot, Peugeot EF01, sepeda lipat, folding bike, e-bike, sepeda listrik

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss