Road » Folding Bike
Short URL:
Mau Sepeda Lipat Bisa Ngacir? Nih, Caranya
Thu, 10 Jul 2014 | 12:34
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 26.053 kali

SPORTKU.COM - Seli alias sepeda lipat memang identik sebagai sepeda perkotaan. Bila diamati, sebagian besar seli yang beredar di pasaran sekarang ini didominasi dengan fitur kecepatan 6 atau 7 speed dan menggunakan crank tipe 46 T (tooth). Walaupun ada yang menggunakan crank yang lebih besar dan fitur speed yang lebih tinggi, maka itu biasanya terdapat pada seli kelas premium, yang diikuti dengan harganya yang lebih tinggi.

Bila untuk sekadar berolahraga, seli dengan spesifikasi standar mungkin sudah cukup memadai. Tapi, bagi yang ingin menempuh jarak yang lebih jauh, maka hal itu akan terasa kurang.

Crank standar pada kebanyakan seli (46 T). 

tip sepeda lipat, ganti crank balap, tip seli,

 

Crank balap dengan dual chainring. (Foto: Centralbike) 

 

tip sepeda lipat, ganti crank balap, tip seli,

Bila anda ingin mendapatkan seli yang mampu berlari lebih cepat, jangan terburu-buru untuk membeli seli baru. Sebab ada solusi yang bisa dilakukan dan, tentunya, dengan biaya yang lebih hemat dari pada harus membeli seli baru.

Salah satu solusinya adalah dengan mengganti komponen crank (gir depan) dengan yang memiliki jumlah tooth (T) yang lebih banyak, misalnya crank tipe 48T, 52T, 53T atau yang lebih besar lagi, yang biasanya digunakan pada road bike. Tipe crank yang ada di pasaran juga cukup bervariasi, dimana ada yang berupa single, dual atau triple chainring. Tapi untuk kebutuhan komunter, tipe single chainring dan dual chainring sudah memadai.

Saat berburu atau membeli crank balap yang diinginkan, ada baiknya untuk membeli yang berupa crankset atau sudah termasuk dengan komponen bottom bracket (BB). Selanjutnya, anda tinggal membawa ke bengkel terdekat untuk mengaplikasikan cranset tersebut di sepeda.

Setelah crankset terpasang, perhatikan kondisi rantai. Bila kondisi rantai terasa terlalu tegang, anda bisa meminta mekanik untuk memberi mata rantai tambahan.

Selanjutnya, silakan rasakan sendiri perbedaannya. Dijamin, performa seli anda akan lebih "bertenaga" dari sebelumnya. 

Seli dengan crank balap denga single chainring. (Foto: Elec-intro)   

tip sepeda lipat, ganti crank balap, tip seli,

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss