Road » Classic & Custom Bike
Short URL:
Perkembangan Sepeda Low Rider
Jadikan Sepeda Ceper Sebagai Trend Fashion
Fri, 08 Jul 2011 | 14:25
Teks : Juniver Alexanto
Dibaca : 41.622 kali

SPORTKU.COM -Low Rider telah membuat cara pandang orang berbeda terhadap sepeda. Pilihan dalam mendesain style atau tema yang diinginan tidak akan punya akhir. Namun pada awal ‘80an sepeda Low Rider mengalami mati suri, sedangkan BMX dan sepeda-sepeda Freestyle mountain bike menjadi pilihan utama produksi para produsen sepeda.

Sepeda Low Rider Sekitar Tahun 70-an

sepeda, sepeda low rider, superman is dead, chicano, stingray, Benny Indonesia

Sepeda Low Rider sudah beredar sejak bertahun-tahun lalu, meskipun tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan sebenarnya sepeda Low Rider mulai ada dan digunakan, namun perkembangan sepeda Lowrider di Amerika bermula pada tahun 1960-an dari komunitas para imigran mexico, yang lebih dikenal dengan CHICANO, mereka membuat suatu karya seni melalui media mobil dengan mempergunakan mobil-mobil tua khususnya merk Chevrolet yang pada perkembangannya, mereka mulai mempergunakan media lainnya yaitu sepeda sebagai tempat menuangkan apresiasi seni.

Tidak hanya kaum Pria yang menyukai Jenis Sepeda Low Rider

sepeda, sepeda low rider, superman is dead, chicano, stingray, Benny Indonesia

Sepeda Low Rider merupakan hasil dari sebuah gerakan Low Rider (Low Rider Movement) selama tahun 60an.  Adalah The “custom” king George Barris yang awalnya menggunakan style low rider untuk memodifikasi otomobil, namun karena mahalnya mobil pada saat itu, anak–anak muda yang tertarik dengan tren ini tidak sanggup untuk memodifikasi otomobil. Sebagai gantinya mereka mulai memodifikasi sepeda yang telah mereka miliki.

Sepeda jenis Low Rider masuk ke Indonesia sekitar akhir tahun 70-an dengan sebutan yang bermacam-macam seperti salah satunya sepeda kumbang mini. Karena waktu peredaran atau penyebaran yang terbilang sempit kurang lebih sepuluh tahun, menjadikan sepeda jenis ini berjumlah lebih sedikit dibandingkan sepeda jenis ontel, MTB, mini dan BMX. Selain dari Indonesia, kebanyakan sepeda Low Rider dengan jenis Stingray 20 dan Beach Cruiser 26 didatangkan dari negara-negara Asia seperti Jepang dan Cina, walaupun terdapat pula sebagian kecil dari Benua Barat seperti Amerika dan Eropa. Dari Indonesia merk yang terkenal adalah Benny Indonesia, dari Jepang terkenal dengan merk Benny Japan, Fuji Feather, dan lain-lain, negara Cina dengan Phoenix dan negara Benua Barat dengan Schwinn (Chicago AS), Raleigh (Inggris), Stelber (Amerika), Murray (Amerika), Western Flyer (Amerika) atau pun dari Low Rider Bicycle Inc (Amerika / Australia).

Superman is Dead Salah Satu Band Penggemar Sepeda Low Rider

sepeda, sepeda low rider, superman is dead, chicano, stingray, Benny Indonesia

Aliran Low Rider atau yang sering disebut dengan sepeda ceper masuk Indonesia sekitar pertengahan 90-an. Pada awalnya Low Rider hanya dilakukan untuk kendaraan bermotor khususnya mobil. Karena modal yang dikeluarkan tidaklah terlalu mahal, banyak yang mengadopsi aliran ini. Pada akhir tahun 90 aliran ini banyak diadopsi oleh para pemakai sepeda motor. Untuk sepeda sendiri tidak ada yang tahu pasti kapan aliran Low Rider mulai diikuti, sekitar tahun 2003 seiring dengan banyaknya pemakai dan pemodifikasi sepeda motor yang tertarik memainkan sepeda jenis ini, aliran low Rider pun mulai banyak dikuti sebagai dasar memodifikasi sepeda.

Sepeda Jenis Beach Cruiser 26

sepeda, sepeda low rider, superman is dead, chicano, stingray, Benny Indonesia

 

 

Penggemar Sepeda Low Rider di Jakarta

sepeda, sepeda low rider, superman is dead, chicano, stingray, Benny Indonesia

SUMBER

SPORTku.com (CYCLING), SPORTKU.com CYCLING contents includes Mountain Bike, Down Hill, Free Style, Dirt Jumper, as well as cother types of cycling in multiple hi-res pictures, as well as coverage on video streaming.

Sportku.com will have feature such as CYCLING track layout  in pictures as well as on-helmet video camera. We would also cover many club activities such as Mahaka Cycling, Sebex, etc

Sent email to : redaksi@sportku.com to have our Video Reporter covering your event, or sent your videos/pictures to be published at SPORTKU.com CYCLING section.