Rider istimewa dari Kota Gudeg
Persiapan Ditra Pranata rider ELGATO Polygon di 2011
Thu, 13 Jan 2011 | 17:00
Teks : deca
Dibaca : 16.576 kali
*
Embed code : Kaskus Embed Download

SPORTKU.com -Kota yang satu ini memang istimewa, selain pernah menjadi ibukota Republik Indonesia, kesenian dan budayanya sangat kental melekat pada kehidupan masyarakat berbahasa sanskerta tersebut. Tatanan kota yang rapi pun tak ketinggalan pada daerah kabupatennya. Adat istiadat dan tata krama yang terkenal sopan serta halus mudah ditemui disana. Tapi bukan berarti kelembutan khas masyarakat yang memiliki Sultan tersebut tidak mampu eksis di olahraga ekstrim. Sebut saja downhill, salah satu cabang dari balap sepeda nomor sepeda gunung (MTB), Kota GUdeg ini memiliki atlit yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Pembalap senior Nurwarsito adalah salah satu yang populer di dunia sepeda gunung dan bmx itu berasal dari kota yang berdekatan dengan Gunung Merapi.

 

Yavento Ditra Pranata berm di trek Mangunan dan menjuara seri VI UKDI 2010.

Yavento Ditra Pranata, UKDI, ELGATO Polygon

(photo by Ery)

 

Yavento Ditra Pranata, salah satu atlit muda berbakat itu menggeluti sepeda sejak kecil diperkenalkan sang ayah yang juga pembalap BMX pada tahun 2001. Memiliki trek pribadi menjadi keuntungan bagi pembalap yang murah senyum ini. Setelah mengikuti 5 kali pertandingan, Ditra mampu merebut juara 3 pada kejuaraan BMX di kota-nya. Setelah duduk di bangku SMP, Ditra pun  berhasil memegang juara 1.

Setahun kemudian pada 2006, G.B. Bathara (racer, rider -red) menjajal trek bmx milik Ditra. G.B. Bathara yang biasa dipanggil Pade mengenalkan sepeda downhill kepada Ditra. Dan pada 2006 saat ikut Pra Pon bersama pelatda ISSI Jogja antara lain Nurwarsito, Nugroho Kisnanto dan Doan, mereka berempat mengikuti nomor BMX race dan 3 diantaranya termasuk Ditra ikut downhill. (Keempatnya masih eksis di balap sepeda, Nurwarsito dan Ditra di downhill, Nugroho hijrah ke road, Doan masih di bmx -red)

Di tahun 2007, Ditra bergabung bersama ELGATO, sebuah tim sepeda yang memfokuskan nomor kompetisi bentukan G.B. Bathara. Ditra bersama beberapa atlit downhill lainnya termasuk putra Pade sendiri G.B. Pramudhita pun bersama-sama mengikuti kompetisi dan prestasi mereka boleh dibanggakan. Tahun 2008, ELGATO disponsori oleh Polygon, hingga nama tim menjadi ELGATO Polygon.

Biodata

Nama : Yavento Ditra Pranata

Tempat/ Tanggal Lahir : Yogyakarta, 30 April 1990

Anak ke- Dari- : 2dari 2 bersaudara

 

Prestasi

- Juara 1 Seri III UKDI 2009

- Juara 1 Seri IV UKDI 2010

- Juara 2 Malaysia DH Seri, Bukit Ramlee, 2010

- Juara 1 BSX Salatiga, 2010

SUMBER

SPORTku.com (CYCLING), SPORTKU.com CYCLING contents includes Mountain Bike, Down Hill, Free Style, Dirt Jumper, as well as cother types of cycling in multiple hi-res pictures, as well as coverage on video streaming.

Sportku.com will have feature such as CYCLING track layout  in pictures as well as on-helmet video camera. We would also cover many club activities such as Mahaka Cycling, Sebex, etc

Sent email to : redaksi@sportku.com to have our Video Reporter covering your event, or sent your videos/pictures to be published at SPORTKU.com CYCLING section.