Yoshitaku Nagasaki Bintang Baru BMX Jepang
Mon, 14 Oct 2013 | 13:06
Teks : Andi Wahyudi
Foto / Video : uci.ch
Dibaca : 50.365 kali

SPORTKU.COM - Asia kini menjadi salah satu ancaman serius bagi negara lain, khususnya di kompetisi BMX. Salah satu bintang yang dianggap menjadi ancaman serius datang dari atlet Jepang, Yoshitaku Nagasaki. Pemuda Jepang ini kini bertengger di peringkat 7 UCI BMX. 

Yoshi yang kini berguru di World Cycling Centre (WCC) adalah bintang BMX di Jepang.  Dia berhasil menggapai peringkat 14 dan 17 Time Trial di dua putaran UCI BMX Supercross World Cup. Yoshi juga mencatat prestasi gemilang di World Championship Auckland (New Zealand). "Jika dia tidak terjatuh, dia mungkin akan ada di podium,' ujar Thomas Allier, pelatih Yoshi di WCC.

Yoshi ditangani Thomas Allier sejak tahun 2012. "Thomas adalah pahlawan dan idola saya di BMX," ujar Yoshi yang berambisi merebut medali emas di Olimpiade 2016. 

Pada usia 16 tahun Yoshi memutuskan meninggalkan bangku sekolah dan menekuni dunia olahraga. Yoshi menghubungi 200 perusahaan untuk menjadi sponsornya tapi hanya 90 perusahaan yang berhasil ditemuinya.

"Itu masa-masa yang sulit. Saya berlatih mulai jam 8 pagi hingga tengah hari. Lalu dilanjutkan pada pukul 2 siang selama 2 jam. Kemudian saya bekerja di restoran dari jam 5 sore hingga 10 malam, enam hari seminggu. Setelah jam 10 malam saya mencari sponsor. Sport memang menjadi prioritas tapi tanpa uang saya tidak bisa apa-apa," ujar Yoshi.

Begitu uang terkumpul, Yoshi segera menghubungi WCC untuk berlatih disana. "Jalan saya untuk mencapai Olimpiade ada di WCC," ujarnya. Keyakinan Yoshi yang begitu kuat berbuah manis. Di tangan Thomas Allier, Yoshi menjadi atlet BMX yang mumpuni. 

Berkat Yoshi, kini Jepang berada di peringkat ke-12 UCI. Spirit tersebut juga mewabah ke negara-negara Asia lainnya seperti Cina, Korea Selatan, Indonesia, Malaysia, Philippina, Thailand dan Singapura yang masuk dalam rangking UCI.

Yoshitaku Nagasaki di UCI BMX World Championship di Auckland, New Zealand

Yoshitaku Nagasaki

SUMBER

uci.ch