News » Race result
Short URL:
Chris Froome Raih Gelar Juara Tour of Romandie 2014
Mon, 05 May 2014 | 11:11
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 14.407 kali

SPORTKU.COMChris Froome menjadi pembalap keenam yang mempertahankan gelarnya dalam Tour of Romandie 2014 yang berakhir Minggu (4/5). Pembalap Inggris itu memenangkan time-trial yang berjarak 18,5 km di Neuchâtel, Swiss, dengan mengalahkan juara dunia Tony Martin, sekaligus merebut jersey pemimpin keseluruhan dari Simon Spilak

Chris Froome memulai time-trial individu satu detik di belakang Simon Spilak (Katusha). Tetapi juara bertahan dari tim Sky tersebut mampu menyelesaikan laga ini dengan unggul 29detik dari Spilak. 

"Ini adalah balapan yang penting bagi saya dan sangat berbeda dengan tur pada tahun lalu," kata Froome, yang pada tahun lalu memimpin hampir seluruh etape. 

"Tapi saya benar-benar senang dengan kondisi saya dan ini adalah waktu yang sangat penting menuju Tour de France. Saya tidak akan mengatakan bahwa siapa pun yang menang Tour de Romandie akan memenangkan Tour de France. Tapi itu pasti pertanda baik dan tanda bahwa saya berada di jalur untuk memenangkan Tour de France (kembali)," tambahnya seperti dilaporkan Telegraph.

Selama tiga tahun terakhir, pemenang Tour de Romandie memang selalu sukses menjuarai Tour de France. Sebelum Froome, pada tahun lalu, Sir Bradley Wiggins juga melakukannya pada tahun 2012 dan pembalap Australia Cadel Evans melakukan hal yang sama pada tahun 2011.

Kemenangan ini seolah menjadi tanda kembalinya Froome yang sebelumnya hanya finis keenam di Tour of Catalunya pada di akhir Maret lalu setelah menderita cedera punggung dan sakit.

Pada pertengahan Maret, Froome harus menarik diri dari panggung lomba Tirreno-Adriatico, yang dimenangkan oleh saingan utamanya di Tour de France, Alberto Contador, karena masalah pada punggung. Sementara, penyakit membuatnya absen dari hari Minggu lalu dalam ajang Liège-Bastogne-Liège.

Bagi Froome, kemenangan di Romandie ini juga menjadi yang kedua di tahun ini setelah menjuarai Tour of Oman pada bulan Februari lalu, dimana ia juga menjadi juara bertahan.

Sedangkan pembalap Omega Pharma-Quick-Step Martin mengisi podium kedua, lebih unggul satu detik dari pembalap Selandia Baru Jesse Sergent yang finis di urutan ketiga di tape terakhir dari ajang ini.

Pada klasifikasi umum, Spilak finis di posisi kedua dan juara dunia Rui Costa dari Portugal, menduduki posisi ketiga. 

 

Hasil Etape 5/Time Trial (terakhir)

1. Chris Froome (GB - Team Sky) 

2. Tony Martin (Ger - Omega Pharma-Quick-Step) 

3. Jesse Sergent (NZ -Trek  Factory Racing) 

4. Rigoberto Uran (Col - Omega Pharma-Quick-Step) 

5. Jon Izaguirre (Spa - Movistar) 

6. Riccardo Zoidl (Aut - Trek Factory Racing) 

7. Simon Spilak (Slo - Katusha)

8. Rui Costa (Por - Lampre-Merida)

9. Thibaut Pinot (Fra - FDJ) 

10. Mathias Frank (Swi - IAM Cycling)

 

Klasifikasi Umum

1. Chris Froome (GB - Sky)

2. Simon Spilak (Slo - Katusha)

3. Rui Costa (Por - Lampre-Merida) 

4. Mathias Frank (Swi - IAM Cycling)

5. Vincenzo Nibali (Ita - Astana) 

6. Beñat Intxausti (Spa - Movistar)

7. Jakob Fuglsang (Den - Astana) 

8. Jon Izaguirre (Spa - Movistar) 

9. Jesús Herrada (Spa - Movistar) 

10. Thibaut Pinot (Fra - FDJ)

 

Tour of Romandie 2014, Froome, road, race

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss