News » Race result
Short URL:
MTB World Cup Seri 2 XC: Eva Lechner dan Julien Absalon Berjaya
Fri, 02 May 2014 | 15:57
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 22.408 kali

SPORTKU.COM - Selain kelas Downhill (DH), UCI Mountain Bike World Cup 2014 yang berlangsung di Australia akhir pekan lalu juga melombakan kelas Cross Country (XC). Pada kelas ini dirajai oleh Eva Lechner (Colnago Sudtirol) di kategori wanita (Women Elite) dan Julien Absalon (BMC), di kelas pria (Men Elite).  

Eva Lechner meraih kemenangan Piala Dunia ketiga dalam karirnya, setelah kejayaan pemenang ronde satu, Jolanda Neff (Liv Pro XC) memudar dalam ajang ini. Sementara, Julien Absalon membuat comeback yang mengesankan dan menang untuk kedua kalinya berturut-turut pada musim ini.

Pada kelas wanita, lomba berisi lima lap ini berjalan seperti yang diharapkan, yakni “pertempuran” antara Jolanda Neff (Liv Pro XC) dan Eva Lechner. Neff mulai berjuang di tanjakan lap kedua, dan kesempatan juara Italia itu terbuka setelah unggul 26 detik hingga awal lap ketiga. Tapi Lechner tak pantang menyerah. Ia terus melaju dan berujung pada kemenangannya.

"Saya benar-benar tidak bisa percaya. Bisa memimpin seluruh race saja merupakan kejutan bagi saya. Pada lap kedua, saya melihat ke belakang, dan saya tak bisa percaya dengan kesenjangan jarak yang terjadi. Jadi aku sangat senang bisa memenangkan Piala Dunia dalam kondisi seperti ini," ungkap Lechner seperti dikutip dari situs resmi UCI.

Setelah dua putaran, Neff masih memimpin Piala Dunia dalam klasemen umum dengan nilai 350 poin. Namun, Sabine Spitz telah pindah ke kedua, dengan nilai 330 poin dan Emily Batty di posisi ketiga, dengan nilai 300 poin.

Sementara itu pada kelas pria, Julien Absalon memang telah menjadi favorit juara. Terlebih dengan absennya Nino Schurter (Scott - Odlo), saingan terkuat Absalon, yang beralih ke road race

Di awal lomba sempat terjadi dua kecelakaan. Tapi sejumlah rider berhasil terhindar dari insiden tersebut. Dalam kondisi tersebut, Thomas Litscher (Multivan Merida) berhasil memimpin 11 detik pada akhir lap pertama, di depan Marco Fontana (Cannondale Factory) dan Sergio Mantecon (Trek Factory Racing), dan 19 detik dari Absalon dan Mathias Fluckiger (Stockli Racing).

Absalon sempat mendekati Litscher pada pertengahan lap kedua, ketika ia terpaksa harus mengganti ban dengan roda baru di zona teknis akibat kempes. Absalon kembali memimpin saat Litscher mengganti ban di lap ketiga.

Pada pendakian utama di lap terakhir, Absalon berlari dengan cepat dan menjauh dari Fluckiger hingga akhirnya mencapai finis dan memenangkan Piala Dunia-nya yang ke-28. Gelar ini menjadikan Absalon sebagai satu-satunya rider yang memenangkan banyak Piala Dunia untuk kategori XC dan membuatnya sejajar dengan Julie Furtado (Amerika Serikat) dan Gunn Rita Dahle Flesjaa (Multivan Merida).

"Aku punya masalah dengan ban di lap kedua. Tapi saya tetap tenang dan turun ke "zona teknologi" tanpa kehilangan terlalu banyak waktu. Ini adalah trek yang bagus buat saya dan saya tahu, saya bisa melakukannya dengan baik di sini,” jelas Absalon. 

“Ini adalah awal yang sangat baik bagi saya di musim ini, dengan dua kemenangan. Saya hanya berharap, saya dapat terus melakukan yang terbaik ketika kita kembali ke Eropa untuk balapan berikutnya," tambahnya.

Absalon memimpin klasemen keseluruhan dengan nilai sempurna, 500 poin, diikuti oleh Marotte dengan 320 poin dan Jose Hermida dengan 310 poin.

 

Hasil Lomba

cross country, uci, world cup 2014

cross country, uci, world cup 2014

 

Sumber: UCI

 

 

cross country, uci, world cup 2014

Editor : Dedi Hermawan
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss