News » Business & Tech
Short URL:
RockShox DebonAir, Usung Teknologi Terbaru
Thu, 03 Apr 2014 | 10:30
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Bikeradar
Dibaca : 10.318 kali

SPORTKU.COM - Produsen suspensi, RockShox, telah memperbarui suspensi belakang besutannya, Monarch dan Monarch Plus, dengan menambahkan tabung udara yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan agar suspensi ini menjadi lebih linear dan meningkatkan sensitivitas terhadap guncangan kecil.

Para insinyur dari RockShox berusaha untuk membawa nuansa  kejutan udara “hidup” lewat setingan gravitasi pada jajaran produk Monarch. Volume ruang udara pada suspensi terbaru ini telah ditingkatkan dengan tabung udara yang telah didesain baru.

Ide dasarnya teknologi ini adalah, dengan lengkungan pegas yang kurang  progresif maka akan menghasilkan perasaan yang lebih soft pada sepertiga panjang travel, sehingga memberikan traksi dan kontrol yang lebih baik pada pengendara, meskipun tengah mengalami guncangan yang berturut-turut.

Product manager RockShox Jed Douglas mengklaim, Monarch dan Monarch Plus versi Debonair membutuhkan kekuatan awal 25 persen lebih sedikit dari travel untuk “memindahkan”, dari sebelumnya yang sebesar 30 persen. Jajaran produk Monarch juga telah menerapkan Fast Black anodizing treatment untuk mengurangi gesekan, seperti yang telah diterapkan pada tiang garpu.

Shock DebonAir, yang lebih linear, akan kompatibel dengan beberapa desain suspensi lain dan dapat digunakan pada sepeda yang memiliki panjang travel antara 130-160 mm. Produk ini akan muncul dalam beberapa model 2105 lainnya, pada bulan Mei mendatang. Soal harga, tipe Monarch RT3 akan dibandrol $365-390 (Rp3,6 juta – Rp3,9 juta) untuk dan untuk tipe Monarch Plus RC3 adalah $499 (Rp4,9 juta). 

Selain itu, RockShox akan meluncurkan upgrade kits - yang memiliki ruang udara dengan volume yang lebih besar – yang dapat diaplikasikan untuk model tahun 2014. Perangkat ini ditawarkan dengan harga US$115.50 (Rp1,1 juta). 

 

Monarch RT3 dan Monarch Plus RC3 dengan teknologi DebonAir (Foto: Bikeradar)

 

suspensi, RockShox, DebonAir, Monarch

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss