News » Actual
Short URL:
282 Pesepeda Gunung Panaskan Persaingan di UBL Sinarmas Land-JPG XC Championship 2016
Mon, 14 Nov 2016 | 16:13
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Adi Supriyatna
Dibaca : 2.717 kali

SPORTKU.COM - Sebanyak 282 pesepeda gunung turut memanaskan suasana persaingan di ajang kejuaraan MTB “UBL Sinarmas Land XC Championship 2016” yang berlangsung akhir pekan lalu di Taman Kota 2 Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten. 

Para peserta tersebut berasal dari berbagai daerah di Jawa dan Sumatera dan berlomba pada 10 kelas yang dilombakan oleh pihak penyelenggara kejuaraan MTB ini, diantaranya All Mountain (AM), Junior, Elite hingga Master. 

Menurut  Pangeran Ilham Baron selaku penanggung jawab utama event ini, event ini merupakan “pesta rakyat” para penggemar MTB setelah ajang Pekan Olahraga Nasional (PON), sekaligus ajang silaturahim para penggemar MTB di tanah air. 

Tiga rider berkejaran di tepi sungai Taman Kota 2 BSD

UBL Sinarmasland-JPG XC Championship 2016, jpg, komunitas jalur pipa gas, cross country, xc

“Yang jelas temanya, ini pesta rakyat setelah PON. Ini juga kita bikin untuk silaturahim,” ungkap Ilham. 

Ilham juga menambahkan, melalui event ini, pihaknya ingin memberi edukasi kepada para penggemar MTB, mengingat banyak yang masih menganggap MTB sebagai permainan belaka.  

“Kita juga buka kelas beginner (pemula) supaya mindset pecinta MTB ini berubah, bukan lagi menganggap sepeda sebagai sekedar main, karena MTB ini tricky (perlu teknik), (perlu) safety dan skill," tegas Ilham.

Ilham juga mengatakan, peserta paling banyak kelas pemula, umur 30 tahun ke atas. 

***

Hari pertama UBL Sinarmasland-JPG XC Championship 2016 dibuka dengan kategori AM atau full suspension. Sesuai namanya, kategori ini ditujukan bagi peserta yang menggunakan MTB bersuspensi ganda. 

Sementara itu pada hari kedua, dilombakan kelas Cross Country (XC) yang terbagi dalam kategori yang ditentukan, mulai dari Junior, Elite, hingga Master.

Pada awal race, kondisi lintasan yang basah dan licin memang cukup menyulitkan para peserta untuk melaju di atas lintasan. Akibatnya, tak sedikit para rider yang berhenti untuk membersihkan roda sepeda mereka yang terhenti akibat tebalnya tanah yang menempel. 

Menjelang siang, suasana dan cuaca makin makin memanas, terutama saat para peserta Men Elite atau kelas bergengsi yang biasanya berisikan para atlet. Setiap rider memacu sepedanya masing-masing untuk menjadi yang tercepat dan persaingan nampak jelas terlihat. 

Kelas Master juga menjadi kelas yang paling banyak diminati. Terbagi dalam beberapa kategori, race yang diisi oleh kalangan hobiis ini pun berjalan seru dan menarik. 

Menjelang petang, hujan kembali mengguyur area lomba. Namun hal itu tak menghentikan jalannya race, hingga kategori terakhir. 

Acara ini ditutup dengan pemberian medali kepada para juara di kelasnya masing-masing. 

Baca: Hasil UBL Sinarmas Land-JPG XC Championship 2016

Lintasan yang basah dan licin memberi tantangan tersendiri bagi para rider

UBL Sinarmasland-JPG XC Championship 2016, jpg, komunitas jalur pipa gas, cross country, xc

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss