News » Actual
Short URL:
Kejuaraan Dunia: Pebalap Denmark Menangkan Gelar Juara Dunia Putri
Sun, 16 Oct 2016 | 21:34
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 4.412 kali

SPORTKU.COM - Amalie Dideriksen dari Denmark memenangkan perlombaan kategori elit putri di Kejuaraan Dunia Balap Sepeda di Doha, Qatar. Dideriksen unggul pada sprint terakhir dengan mengalahkan favorit juara, Kirsten Wild (Belanda). Tempat ketiga diraih oleh pebalap Finlandia Lotta Lepisto.

Tim Belanda sempat menguasai lomba lewat serangkaian serangan. Sementara, juara bertahan Lizzie Deignan dan timnya (Inggris) tampak menjaga peloton secara bersama-sama, sebelum kemudian mulai agresif pada putaran akhir.

Baca juga: Italia dan Denmark Dulang Emas di Nomor Junior

Tim Belanda mendominasi pada kilometer akhir dengan seluruh pebalapnya memimpin peloton pada lima kilometer terakhir. Wild, membuka sprint setelah memimpin atas Marianne Vos. Tapi Dideriksen berjuang keras dan berhasil unggul atas pebalap Belanda tersebut pada 25meter terakhir.

Pebalap Denmark Amalie Dideriksen (jersey merah) juara dunia sprint elit putri 2016 (Foto: Tim de Waele)

Kejuaraan Dunia Balap Sepeda 2016, UCI Road World Championships, elit putri, Amalie Dideriksen

Deignan kemudian terpaksa harus puas di posisi keempat. Sementara pebalap favorit lainnya, Chloe Hosking (Australia), finish di posisi ketujuh.

Rider Amerika Serikat Amber Neben, yang memenangkan Time Trial dan berharap akan meraih jersey pelangi keduanya, melakukan sebuah serangan di bagian akhir. Namun hal itu tidak mampu mengubah keadaan. 

Baca: Pebalap Norwegia Kristoffer Halvorsen Juarai Nomor Sprint Putra U-23

Dideriksen, yang baru berusia 20 tahun, mengaku, kemenangan ini adalah yang terbesar dalam karir profesionalnya. 

"Saya memimpikan ini (juara). Tapi hari ini saya memiliki rekan tim yang baik, yang bahkan membawa saya kembali berlomba juga setelah kecelakaan. Aku memilih mengikuti roda Wild di sprint. Menang di sini adalah kejutan bagi saya juga," katanya di finish dikutip dari Cyclingnews.

Sebaliknya, Wild merasa kecewa dengan apa yang telah dicapainya. 

"Saya sebenarnya cukup kecewa. Kami memulai balapan yang sangat baik. Race berada di bawah kendali (kami)," kata pebalap Belanda tersebut.

"Saya merasa, ini adalah awal. Tapi aku tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Diderksen adalah pebalap yang sangat baik, yang keluar dengan sangat cepat dari roda saya. Kami datang bersama-sama. Ini adalah kesempatan saya. Tetapi Anda tidak bisa membalikkan itu," ungkap Wild.

Baca: Tony Martin Sabet Emas di Nomor ITT Elite Putra

Amalie Dideriksen (tengah) bersama Kirsten Wild (kiri) dan Lotta Lepisto di atas podium (Foto: Tim de Waele)

Kejuaraan Dunia Balap Sepeda 2016, UCI Road World Championships, elit putri, Amalie Dideriksen

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss