News » Actual
Short URL:
Catatan Medis 2 Pebalap Sepeda Inggris Dibocorkan Peretas
Sat, 17 Sep 2016 | 22:14
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 1.618 kali

SPORTKU.COM - Catatan Medis atlet balap sepeda Inggris Bradley Wiggins dan Chris Froome dikabarkan telah disebarluaskan oleh peretas. Peretas yang diduga berasal dari Rusia itu telah merilis catatan medis sejumlah atlet, yang didapatkan secara ilegal dari Badan Anti-Doping Dunia (Wada).Namun tidak ada catatan atlet yang terlibat kesalahan.

Wada mengatakan, serangan dunia maya itu sebagai upaya untuk merusak sistem anti-doping global.

Catatan yang dirilis oleh kelompok yang menyebut dirinya "Beruang Ajaib" itu sebagian besar berisi tentang "Pengecualian Penggunaan Terapeutik (TUEs)” yang berisikan kemungkinkan penggunaan zat terlarang, yang diambil untuk kebutuhan diverifikasi medis atlet.

Baca: JIExpo Criterium 2016 Suguhkan Suasana Balapan Malam Hari

Kelompok tersebut juga mengatakan TUEs merupakan "lisensi doping" dan Wada disebut lembaga “korup dan licik".

Direktur Jenderal Wada Olivier Niggli, mengecam keras terjadinya kebocoran dokumen tersebut.

"Wada sangat sadar, serangan kriminal - yang sampai saat ini telah mencakup data pribadi 29 atlet - itu akan sangat menyedihkan bagi mereka yang telah ditargetkan dan menyebabkan ketakutan bagi semua atlet yang terlibat di Olimpiade Rio 2016," kata Olivier.

Baca: Olimpiade 2016, Pembuka Jalan Untuk Kemajuan BMX SX Indonesia

Niggli mengatakan, tidak diragukan lagi,  aksi itu adalah sebagai pembalasan terhadap Wada yang melaporkan ke Rusia, terkait kecurangan yang disponsori negara tersebut. Wada juga telah meminta pemerintah Rusia untuk membantu menghentikannya. 

Terkait hal ini, pihak berwenang Rusia telah membantah terlibat dalam kasus ini. Juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov mengatakan, kasus itu "di luar dari pertanyaan". Namun, dia juga menambahkan, Rusia akan siap untuk membantu Wada jika diminta.  

Baca: Pebalap Brasil Terindikasi Gunakan Doping

Chris Froome (Foto: Lavuelta)Vuelta a Espana 2016, tur spanyol, chris froome, tim sky, covadonga

SUMBER

BBC