News » Actual
Short URL:
Pesepeda Zanardi Raih Emas Pada 15 tahun Peringatan Kecelakaannya
Thu, 15 Sep 2016 | 16:39
Teks : Maya Soeparwoto
Dibaca : 1.054 kali

SPORTKU.COM - Atlet sepeda yang juga mantan pembalap Formula 1 Alex Zanardi memenangkan medali emas Paralympic Rio persis pada peringatan 15 tahun kecelakaan hebat yang membuatnya kehilangan kedua kakinya dalam pertandingan motorsport.

Pengendara sepeda tangan berusia 49 tahun yang meraih dua medali emas di London 2012 ini berhasil finish pertama di H5 road time trial, Rabu (14/9/2016) waktu setempat.

Baca juga: Mantan Pembalap F1, Tanpa Kedua Kaki Raih Emas di Paralimpiade 2012

Zanardi harus kehilangan kedua kakinya setelah diamputasi akibat kecelakan di ajang CART Championship 500 pada tahun 2001.

15 September 2001 Zanardi alami kecelakaan hebat pada ajang CART Championship di Jerman

"Saya merasa sangat beruntung, saya merasa hidup adalah sebuah keistimewaan yang tidak pernah berakhir," kata Zanardi.

Zanardi, yang juga telah memenangkan delapan gelar juara dunia sejak pertama kali berlaga pada nomor balap sepeda tangan (hand cycling) pada tahun 2009, menyelesaikan 20k, dalam hitungan 28menit 36,81detik, kurang dari tiga detik lebih cepat dari peraih medali perak Stuart Tripp dari Australia.

"Biasanya saya tidak berterima kasih kepada Tuhan untuk hal-hal seperti ini karena saya percaya Tuhan memiliki hal-hal yang lebih penting untuk dipikirkan, tapi hari ini adalah terlalu banyak, saya harus mengangkat mata dan berterima kasih padaNya," tambahnya.

Baca juga: 

Zanardi : Saya Seperti Anggur Merah Italia

Alex Zanardi Kembali Berlaga di DTM ?

Alesandro Zanardi Jadi Brand Ambassador BMW

Alex Zanardi (tengah) raih medali emas pada ajang Paralympics Rio 2016

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

BBC Sport