News » Actual
Short URL:
Kejuaraan Dunia MTB 2016 Siapkan Enam Gelar Juara
Fri, 09 Sep 2016 | 18:15
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : UCI
Dibaca : 3.722 kali

SPORTKU.COM - Musim MTB dunia tahun ini akan ditutup pada pekan ini dengan digelarnya Kejuaraan Dunia MTB UCI 2016. Kejuaraan ini melombakan cabang Downhill (DHI) dan 4-Cross (4X), di Val di Sole, Italia. Val di Sole, yang terletak di Trentino, wilayah timur laut Italia, memiliki sejarah panjang sebagai tuan rumah untuk event sepeda gunung. Tempat ini pernah menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia MTB 2008 dan Kejuaraan Dunia 4X 2015.

Cabang 4X menjadi event pertama digelar. Kualifikasi untuk kategori Wanita dan Pria dilangsungkan pada Kamis (8/9) waktu setempat dan final pada hari Jumat. Lintasan yang tersedia diciptakan untuk Kejuaraan Dunia UCI 2008 dan menjadi satu program yang paling menakjubkan dan menantang di dunia. Berjarak 600meter, trek ini menjadi yang terpanjang di sirkuit Pro Tour 4X. 

SAKSIKAN: Video: Highlights Piala Dunia XC 2016 Seri 6

Dalam kategori Putri, Juara bertahan Anneke Beerten (Belanda) dan mantan Juara Caroline Buchanan (Australia) muncul sebagai rider favorit. Pesaing kuat lainnya adalah Helene Fruhwirth (Austria), Romana Labounkova (Rep. Ceko) dan Lucia Oetjen (Swiss).

Anneke Beerten, rider unggulan di cabang 4X Putri 

Kejuaraan Dunia MTB 2016, uci, mtb world championship, downhill, 4X

Kategori Putra berisi beberapa pesaing podium, termasuk Tomas Slavik dan Jan Svub, rider Austria Hannes Slavik, Quentin Derbier (Prancis) dan juara bertahan Aiko Goehler dari Jerman.

Sementara itu, cabang Downhill dimulai pada hari Sabtu (10/9). Race ini diikuti oleh finalis Kejuaraan Dunia UCI pada hari Minggu. Jersey “Pelangi” akan diberikan untuk empat kategori – Yunior Putri dan Putra, serta Elite Putra dan Putri.

BACA: Aaron Gwin Juara Dunia Downhill 2016 

Lintasan yang bernama Black Snake merupakan pengembangan dari trek yang dibuat tahun 2015. Lintasan ditambah 300meter lagi, menjadi 2.200meter, dengan elevasi 540meter dan nilai rata-rata 24,5%. Trek ini menawarkan perpaduan sempurna antara kecepatan, tontonan dan bagian teknis.

Pada Elite Putri didominasi oleh juara bertahan Rachel Atherton dari Britania Raya. Pesaing podium lainnya Antara lain Tracey Hannah (Australia), Manon Carpenter (Inggris), Tahnée Seagrave (Inggris) dan Myriam Nicole (Prancis).

SAKSIKAN: Video: Aksi-aksi Seru dan Menegangkan Para Downhiller Top Dunia di Vallnord  

Sedangkan pada kategori Elite Putra, Juara Dunia 2011 Danny Hart (Inggris) yang memenangkan tiga seri Piala Dunia terakhir dipastikan berlaga pada race ini. Ada pula Aaron Gwin (AS), juara umum  Piala Dunia UCI 2016, Greg Minnaar (Afrika Selatan) yang akan berburu gelar keempat, rider Australia Troy Brosnan dan juara bertahan Loic Bruni (Prancis), yang baru kembali berlomba akibat cedera.

Danny Hart, unggulan cabang DH kategori Elite PutraKejuaraan Dunia MTB 2016, uci, mtb world championship, downhill, 4X

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

UCI