News » Actual
Short URL:
Vuelta a Espana 2106
Valerio Conti Klaim Kemenangan di Etape 13
Sat, 03 Sep 2016 | 23:11
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Lavuelta
Dibaca : 5.078 kali

SPORTKU.COM - Pebalap Italia Valerio Conti mengklaim hadiah terbesar dalam karirnya setelah ia meraih kemenangan solo di etape 13m Vuelta a Espana di Baque Country, Jumat waktu setempat. Conti menyerang sekelompok pebalap yang memisahkan diri dari pelotonm pada 20km terakhir, di kawasan perbukitan antara Bilbao dan Urdax-Dantxarinea. 

Conti, 23 tahun, sebagai favorit GC, memberi kemenangan etape pertama bagi tim Lampre-Merida dalam lomba tahun ini. 

Sementara itu, Nairo Quintana (Movistar) masih mempertahankan jersey merah dan memimpin klasemen umum.

171 pebalap memisahkan diri di awal race dan 12 pebalap membentuk kelompok di KM 19. Lagutin menjadi pebalap pertama di atas Alto Monte Igualdo (KM 99) dan Cardis berhasil memenangkan Intermediate Sprint, di San Sebastian (km 110), dan memimpin race. Sementara, peloton dipimpin oleh tim Movistar.

Di atas Alto de Aritxulgi (KM 130,4) dan Alto de Agina (KM 139), tanjakan kedua dan ketiga dari empat tanjakan kategori ketiga, Lagutin kembali memimpin. Pebalap Rusia itu memastikan, ia akan mengenakan polka dot jersey pada hari Sabtu, dengan mencapai Puerto de Lizaieta di urutan pertama.

Namun, etape kali ini tampaknya terlalu berat bagi Zico Waeytens (Giant-Alpecin), yang akhirnya harus meninggalkan race pada lokasi, sekitar 60km dari finish.

Setelah usaha yang dilakukan Stephane Rossetto (Cofidis) gagal, Jelle Wallays (Lotto Soudal) menyerang kelompok pebalap terdepan, diikuti oleh Michael Gogl (Tinkoff). 

Tapi keduanya kemudian tertangkap pada 22,5km dari garis finish. Setelah beberapa serangan digagalkan, Vegard Stake Laengen (IAM Cycling), Danilo Wyss (BMC), Conti, Lagutin, Gogl dan Yves Lampaert (Etixx-Quick Step), berhasil melepaskan diri dari kelompok dan hanya Conti yang kemudian melakukan solo sejauh 19km di sebelah kiri.

Conti tidak pernah melihat ke belakang dan akhirnya melintasi garis finish dan unggulan 55detik atas Wyss dan Lagutin, yang berada di urutan kedua dan ketiga. Sedangkan, peloton sendiri finish hampir 34 menit dari kelompok tercepat.

Etape berikutnya, etape 14, akan menempuh rute sepanjang 196km, dari Urdax-Dantxarinea ke col d'Aubisque. Etape ini akan menyuguhkan perjalanan yang berat dan memiliki tanjakan kategori empat.

BACA: Jens Keukeleire Curi Kemenangan di Etape 12

 

Valerio Conti juara di etape 13Valerio Conti, etape 13, vuelta espana 2016, tur spanyol, lampre merida, road bike, tur dunia balap sepeda, balap sepeda, nairo quintana, movistar

SUMBER

Lavuelta