News » Actual
Short URL:
Olimpiade 2016
Pebalap Brasil Terindikasi Gunakan Doping
Mon, 15 Aug 2016 | 10:45
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 3.182 kali

SPORTKU.COM - Pebalap Brasil Da Silva Ramos diindikasi positif menggunakan doping jenis CERA (Continuous erythropoietin receptor activator) pada malam Olimpiade. Pebalap tim Funvic Soul Cycles – Carrefour itupun gagal finish pada nomor road race (balapan jalan raya).

UCI telah mengkonfirmasi bahwa Kleber Da Silva Ramos, ditangguhkan tampil sementara waktu setelah gagal tes anti-doping untuk CERA pada pada malam Olimpiade Rio. Menurut pernyataan singkat yang dikeluarkan oleh UCI, tanda-tanda CERA diidentifikasi dalam sampel yang diambil oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) selama kontrol di luar kompetisi pada 31 Juli lalu, enam hari sebelum road race pria. 

Da Silva Ramos sendiri mewakili Brasil di road race pada 6 Agustus lalu, yang dimenangkan oleh Greg Van Avermaet.

CERA pertama kali terdeteksi pada tahun 2009, dengan sejumlah pebalap terbukti positif, termasuk Riccardo Ricco, Danilo Di Luca dan Davide Rebellin - yang sampel dari Olimpiade Beijing 2008 itu diuji ulang pada tahun 2009 silam.

Nama Da Silva Ramos muncul di daftar UCI sebagai atlet sementara yang ditangguhkan sesuai Peraturan Anti-Doping UCI. Nama lain pada daftar tersebut adalah sesama pebalap Brasil Raphael Mesquita Mendes dan Pinho Montoya Nunes, yang keduanya terbukti positif menggunakan steroid pada Oktober tahun lalu.

Pada bulan Maret lalu, Mariano Nascimento juga dilarang selama empat tahun setelah positif menggunakan EPO (Erythropoietin).

Di bawah aturan Badan Anti-Doping Dunia (World Anti-Doping Agency), Da Silva Ramos menghadapi larangan selama empat tahun jika tes dipastikan positif.

Greg Van Avermaet  saat sprint menjelang finish di nomor Road Race (Foto: Tim de Waele/TDWSport.com)Olimpiade Rio 2016, Greg Van Avermaet, Balap Sepeda, Road Bike, Belgia, Emas Olimpiade, Road Race

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

Cyclingnews