News » Actual
Short URL:
Rahim Emami Juarai Etape Dua TdS 2016
Mon, 08 Aug 2016 | 15:04
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 1.721 kali

SPORTKU.COM - Rahim Emami (Pishgaman Cycling/Iran) menjuarai etape dua Tour de Singkarak (TdS) 2016. Rahim finis terdepan di depan Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar, Minggu, setelah sebelumnya menyusuri lintasan sejauh 119,5 dari Limapuluh Kota.

Pebalap dengan nomor start dua ini mencapai finis terdepan setelah memenangkan sprint atas pebalap tim James Ewart (7 Eleven/Filipina) dengan catatan waktu 2jam 55menit 34detik. Posisi tiga direbut pebalap tim Pishgaman yang lain, yaitu Reza Hosseini dengan catatan waktu 2jam 55menit 42detik.

Hasil etape dua ini sesuai dengan prediksi sebelumnya, yaitu munculnya juara baru. Rahim Emami bisa memutus langkah bagus dari pebalap asal Australia Dylan Newberry (Data#3 Cisco Racing), juara etape pertama.

Dylan yang tampil bagus pada etape pertama harus puas finis diurutan 30 atau tertinggal 20detik dari pebalap tercepat. Kondisi ini tidak lepas dari permasalahan yang terjadi di lintasan. Pebalap dengan nomor start 125 ini mengalami kecelakaan sehingga kurang maksimal.

"Saya tadi alami kecelakaan. Namun saya terus berusaha mengejar ketinggalan dan akhirnya bisa finish," kaya Dylan usai menerima medali.

Bergantinya juara etape ini menunjukkan bahwa persaingan berlangsung ketat. Apalagi, juara bertahan kejuaraan yang didukung penuh Kementerian Pariwisata itu tidak hadir. Meski tim Pishgaman tetap terlibat namun tidak dengan formasi yang sama dengan tahun lalu.

Khusus untuk pebalap Indonesia, pada etape kali ini juga mampu bersaing. Di etape ini giliran Rastra Patria Dinawan (Timnas Indonesia) mampu masuk 10 besar. Pebalap asal Yogjakarta ini finish urutan tujuh dengan catatan waktu 2jam 55menit 54detik.

Apa yang diraih Timnas Indonesia dinilai cukup bagus oleh sang manajer Wawan Setyobudi. Menurut dia, anak asuhnya mampu menjalankan strategi dengan terus berada di rombongan terbesar.

"Mereka bisa berada di rombongan depan. Itu harapan kami sejak awal," kata Wawan Setyobudi saat dikonfirmasi usai balapan.

Dari 10 besar pebalap tercepat, Indonesia juga menempatkan nama Jamalidin Novardianto yang memperkuat tim Singha Infinite Singapura di posisi sembilan dan Slamet Juangga (KFC Cycling Team/ Jakarta) dengan catatan waktu yang sama dengan pebalap di atasnya.

Sementara itu pemegang Red White Jersey (pebalap Indonesia tercepat) Dadi Suryadi harus finish di urutan 29 dengan catatan waktu yang sama. Dengan demikian pebalap dari Terengganu Cycling Team Malaysia itu tetap berhak memegang jersey merah-putih.

Sedangkan untuk pemegang klasemen umum atau Yellow Jersey tetap dipegang oleh Dylan Newberry yang dietape dua finish di urutan 30. Dyan juga masih berhak memegang Green Jersey atau predikat raja sprint. Sedangkan raja tanjakan (Polkadot Jersey) dipegang pebalap Pishgaman, Amir Kolahdouz, dengan 19 poin.

Setelah menyelesaikan etape dua, semua pebalap akan yang finish akan melanjutkan balapan ke etape tiga, dari Pasaman menuju Pasaman Barat, Senin (8/8), dengan jarak tempuh 123,1km.

Rahim Emami (tengah) saat di atas podium dan menerima hadiah (Foto: Facebook/RANKING Helmets)Rahim Emami, juara etape dua, TdS 2016, tour de singkarak 2016, Pishgaman Cycling

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

TOUR de SINGKARAK