News » Actual
Short URL:
Sakit Misterius, Nairo Quintana Absen di Olimpiade Rio
Fri, 05 Aug 2016 | 14:43
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 4.438 kali

SPORTKU.COM - Nairo Quintana terpaksa absen memperkuat tim balap Kolombia Olimpiade Rio nomor jalan raya pada 6 Agustus mendatang. Quintana memang berambisi meraih medali emas Olimpiade. Namun kondisi kesehatannya yang buruk membuatnya harus mundur dari tim nasional Kolombia. Demikian dilaporkan media Kolombia.

Sebelumnya, Quintana berlomba di Tour de France dengan target meraih jersey kuning untuk ketiga kalinya. Meski telah berjuang keras, Quintana hanya mampu finish di tempat ketiga.

 Quintana saat in memang sedang dilanda permasalahan, terutama pada kesehatannya. Gangguan kesehatan yang dideritanya sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti.

"Ini bukan soal kelelahan yang saya rasakan. Tapi tubuh (saya) masih tidak merespon. Ini bisa jadi semacam alergi karena kaki saya tidak mendapatkan cukup oksigen," kata Quintana setelah etape 18 Tour de France.

Quintana mengumumkan pengunduran dirinya dari Olimpiade sebelum etape 21 Tour de France yang dimulai di Chantilly. Setelah upacara podium terakhir di Paris, Quintana menambahkan bahwa ia puas dengan posisi terakhirnya dan Movistar mengklaim juara klasifikasi tim. Tapi dia tidak menyebutkan tentang Olimpiade.

"Saya kembali ke rumah dari Tour ini dengan penuh kebahagiaan - itu adalah prestasi besar bagi saya untuk menyelesaikan di podium setelah semua kesulitan yang harus saya lalui dalam lomba ini," katanya. 

"Kemenangan tim di GC (klasemen umum) adalah hadiah yang memang layak untuk mereka: Rekan setim saya berjuang dan memberikan yang terbaik setiap hari. Mereka melakukan apa yang kita rencanakan dan podium menjadi hadiah yang cukup untuk seluruh kelompok, termasuk staf kami," tambahnya.

Quintana dikabarkan akan menjalani tes medis untuk memperjelas apa yang terjadi dan akan kembali berlomba di Vuelta a Espana (Tour Spanyol).

Rekan setimnya di Movistar, Winner Anacona dan Jarlinson Pantano, pebalap tim IAM Cycling, disebut-sebut akan menjadi pengganti Quintana di tim Kolombia.

BACA: Bernuansa Merah-Putih, Ini BMX Tunggangan Toni Syarifudin di Olimpiade Rio 2016

Nairo QuintanaContador, Froome, Quintana, Grand Tour musim 2015

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

Cyclingnews