News » Actual
Short URL:
Gee Atherton: Downhill Seharusnya Masuk Dalam Winter Games
Fri, 19 Sep 2014 | 15:00
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 6.700 kali

SPORTKU.COM - Cabang olahraga downhill seharusnya masuk ke dalam Winter Games (Olimpiade Musim Dingin), kata juara dunia dua kali Gee Atherton.

Race ini telah tampil dalam setiap kejuaraan dunia Sepeda gunung. Tetapi hanya cross country yang berstatus event Olimpiade, yang masuk ke Olimpiade musim panas pada tahun 1996.

"Saya pikir downhill lebih cocok dengan semangat Olimpiade Musim Dingin," kata Atherton seperti dikutip BBC.

"Jika anda melihat bagaimana Olimpiade Musim Dingin telah berubah (dengan masuknya cabang olahraga baru dan lebih berorientasi olahraga pemuda, seperti ski gaya bebas dan snowboarding], itu (downhill)  akan lebih cocok. Begitulah cara saya memandang hal ini," tambah Gee.

Aturan Komite Olimpiade Internasional (IOC) sendiri memang menyebutkan bahwa hanya olahraga yang diadakan di salju atau es yang bisa menjadi bagian dari Olimpiade Musim Dingin. Tetapi isu tentang olahraga apa saja yang ditampilkan di Olimpiade masih sedang dikaji.

Proses tersebut dimulai tahun lalu dengan terpilihnya presiden baru, Thomas Bach. Mantan juara anggar dari Jerman itupun langsung mengumumkan niatnya untuk menyegarkan Olimpiade dengan rencana "Agenda 2020", yang akan ditentukan secara voting pada akhir tahun ini di Monaco.

Tetapi setiap upaya untuk menambah atau menghilangkan event Olimpiade harus diprakarsai oleh federasi olahraga internasional yang bersangkutan, yang dalam hal ini adalah persatuan bersepeda internasional (UCI).

Awal tahun ini, Presiden UCI Brian Cookson telah mengusulkan cyclo-cross - yang mengkombinasikan olahraga bersepeda gunung dan jalan raya yang berlangsung pada trek berlumpur di luar musim race - sebagai olahraga Winter Games yang potensial. Terkait peluang downhill untuk tampil di Olimpiade, UCI menegaskan dukungannya terhadap Agenda reformasi 2020 yang diusulkan Bach, sambil terus mempelajari pertumbuhan olahraga ini lebih lanjut.

"UCI percaya, ada manfaat nyata dalam mempertahankan dan memperluas program bersepeda di Olimpiade. Dan kami berharap untuk sebuah dialog yang konstruktif dengan IOC terkait hal ini," tambah Cookson.

Atherton, yang memenangkan jersey pelangi keduanya di kejuaraan Dunia, di Norwegia pekan lalu, mengaku frustrasi dengan pengecualian cabang olahraga yang digelutinya dari Olimpiade, terutama ketika ia melihat dukungan keuangan sebagaimana yang diberikan kepada atlet cross country. Tapi dia juga membayangkan jika status Olimpiade mungkin terkait dengan biaya.

"Sebagian besar daya tarik downhill adalah keliaran, dimana cabang ini masih punya perasaan tersebut dan itu tidak dimiliki cabang lainnya," katanya.

Gee Atherton usulkan downhill masuk dalam Winter Games. (Foto: MTBnews)Gee Atherton, downhill,  Winter Games, Olimpiade Musim Dingin,

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss