News » Actual
Short URL:
Tim Lampre-Merida Tunggu Konfirmasi UCI Terkait Kasus Doping Ulissi
Tue, 16 Sep 2014 | 12:00
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 20.415 kali

SPORTKU.COM - Tim Lampre-Merida tengah menunggu konfirmasi resmi dari UCI terkait kasus doping yang menimpa pembalapnya, Diego Ulissi. Ulissi diduga menggunakan salbutamol pada Giro d'Italia beberapa waktu lalu.

Hingga saat ini, Ulissi belum diberi sanksi secara resmi oleh UCI, namun ia harus vakum dari timnya setelah dikabarkan positif menggunakan doping pada Juni lalu. sebulan kemudian, rider Italia itu pergi ke Lausanne untuk menjalani studi ekskresi sebagai bagian dari pembelaannya.

Di sisi lain, sebuah laporan yang dilansir sebuah situs di Spanyol menyatakan bahwa Ulissi telah menerima larangan tiga bulan dari UCI, yang akan berakhir pada 22 September - tiga bulan dari balapan terakhirnya, Tour Slovenia.

Menanggapi hal tersebut, Manajer tim Lampre-Merida Brent Copeland mengatakan bahwa pengacara Ulissi telah memberitahu tim bahwa kliennya telah bebas untuk kembali ke ajang balap, namun ia belum menerima pemberitahuan resmi dari UCI.

"Diego, melalui pengacaranya mengatakan bahwa, ia bisa (kembali) mengikuti balapan. Kami belum mendengar dan menerima informasi resmi apa-apa dari UCI. Tapi kami berharap akan mendapatkan kabar secepatnya," jelas Copeland, dikutip dari Cyclingnews.

Staf medis Lampre-Merida telah meminta klarifikasi tentang masalah ini dari lembaga yang berwenang. Sambil menunggu konfirmasi dari UCI, tim tengah mengevaluasi apakah Ulissi dapat segera kembali berlomba atau tidak.

Kasus ini diawali, setelah lembaga anti doping menemukan jumlah Salbutamol dalam urin Ulissi, pada etape 11 dari Giro, mencapai 1900 ng/ml atau hampir dua kali dari batas yang diizinkan (1.000 ng/ml). Angka tersebut juga melebihi dari dua kali dari kebutuhan Ventolin harian (100 ng) sebagaimana yang telah ia nyatakan kepada lembaga anti-doping.

Ulissi memenangkan dua etape di Giro - di Viggiano dan Montecopiolo - dan finish secara mengejutkan, di tempat kedua, pada time trial di Barolo.

Diego Ulissi saat tampil di Giro d'Italia. (Foto: Tim de Waele)Lampre-Merida, UCI, Kasus Doping, Diego Ulissi

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss