News » Actual
Short URL:
Jens Voigt Siap Pecahkan "Hour Record"
Sun, 07 Sep 2014 | 10:00
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : BBC, Lovebikes
Dibaca : 990 kali

SPORTKU.COM - Pembalap Jerman Jens Voigt akan mencoba untuk memecahkan 'hour record'  atau rekor jam yang ikonik di Velodrome Swiss pada 18 September mendatang.

Pada tahun 2005, pembalap Republik Ceko Ondrej Sosenka menorehkan rekor dengan 49.700 km. Sedangkan pembalap Inggris Chris Boardman mencatat waktu 56.375 km pada tahun 1996, dengan menggunakan teknik 'Superman' yang kemudian dilarang pada tahun 2000.

"Ini bukan sirkus. Usaha saya ini mungkin bisa memulai babak baru dalam rekor jam," kata Voigt, seperti dilansir BBC.

UCI telah mengumumkan perubahan aturan tentang rekor jam pada bulan Mei tahun ini bahwa pengendara memiliki waktu satu jam untuk memacu sepedanya sejauh kemampuan mereka di Velodrome dengan menggunakan track bike  yang dilengkapi dengan aero bar dan helm, sebagaimana yang digunakan dalam pursuit events.

Pada tahun 2000, UCI memutuskan bahwa setiap upaya tersebut harus dilakukan dengan menggunakan sepeda tradisional dan membatalkan rekor milik pembalap Skotlandia Graeme Obree pada tahun 1994 dan Boardman, dua tahun kemudian.

Boardman kembali dengan sepeda tradisional, pada tahun 2000, untuk menciptakan rekor baru dan berhasil mencapai  49.441 km, 10 meter lebih jauh dari legenda Belgia Eddy Merckx, yang memegang rekor sejak 1972. Namun tersebut dipecahkan oleh Sosenka, yang karirnya berakhir karena gagal menjalani tes pada 2008,  pada tahun 2005.

"Saya senang bahwa salah satu pembalap paling populer dari era modern, Jens Voigt, akan berusaha melakukan hal yang paling ikonik dari semua catatan UCI," kata Presiden Brian Cookson.

"Tentu saja, apa yang kita harapkan akan terjadi ketika kita mengubah aturan pada awal tahun ini dengan mengizinkan penggunaan desain dan teknologi track bike modern. Saya yakin gaya menyerang (Voigt) dan kemauannya untuk melakukan 100 % akan memberikan tontonan yang luar biasa, " tambah Cookson.

Voigt adalah spesialis “pemecah” di jalan raya dan pensiun pada bulan Agustus lalu. Tetapi ia belum selesai dengan olahraga bersepeda.

"Sudah empat bulan, semua orang melihat memo dari UCI dan saya merasa cukup aneh karena sejauh ini tak seorang pun melakukan upaya tersebut. Rekor jam adalah salah satu peristiwa tertua di olahraga kami. Saya ingin menempatkan sedikit cahaya dan fokus pada ini. Saya akan memberitahu cucu-cucu saya tentang hal ini, saat mereka duduk di pangkuan saya, ketika saya berusia 75 tahun," pungkas Voigt.

Jens VoigtJens Voigt Bersiap Pecahkan Rekor Jam, Hour record

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss