News » Actual
Short URL:
Tuas Shimano Dura-Ace Di2 Bakal Dikontrol Komputer Garmin?
Wed, 03 Sep 2014 | 12:15
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Bikeradar
Dibaca : 1.913 kali

SPORTKU.COM - Shimano dan Garmin tampaknya bakal menjalin kerjasama terkait kemungkinan pengendalian tuas Dura-Ace 9070 Di2 oleh komputer Garmin Edge.

Pada ajang Eurobike pekan lalu, insinyur Shimano dan manajer produk berkumpul di sekitar sepeda Dura-Ace Di2 9070 di booth Garmin dan membahas tentang 'kecelakaan yang menggembirakan' dimana seri 9070 memiliki tombol di atas tudung tuas shifter yang bisa mengendalikan komputer eksternal, seperti komputer Garmin Edge GPS.

Saat ini, komputer Garmin Edge terbaru, seperti 810 dan 1000, dapat dikontrol secara nirkabel melalui remote Garmin. Perangkat ini ditujukan untuk pasar triathlon karena memungkinkan rider untuk melakukan navigasi melalui berbagai halaman Edge saat mengendarai sepedanya. Namun, untuk pengendara di jalan raya, remote dapat ditempatkan di dekat tangan. Tapi itu tidak menawarkan kenyamanan seperti saat mengendalikan komputer dari shifter sendiri.

Beberapa tahun lalu, Shimano memiliki komputer Flight Deck sendiri dengan kabel dan tombol kontrol terpadu yang terpasang di bagian dalam tudung shifter. Saat ini, Shimano tidak memiliki fitur kontrol komputer nirkabel, melainkan tuas bertombol.

"Ini hanya kecelakaan bahagia (ada tombol pada tudung)," ujar manajer produk Shimano untuk jalan raya Dave Lawrence sambil bercanda kepada staf Garmin di Eurobike yang selanjutnya mereka menyelinap ke ruang belakang stan Garmin.

Ketika ditanya lebih jauh tentang diskusi tersebut, beberapa staf mengatakan bahwa mereka tidak bisa melakukan kerjasama. Sementara yang lain mengatakan kemitraan Garmin tidak mungkin, sebagaimana hubungan kemitraan Shimano dengan Magellan (Mio) di Amerika Serikat.

Dikutip dari Bikeradar, juru bicara Shimano Nick Legan mengatakan bahwa akan ada informasi lebih lanjut pada minggu depan di ajang Interbike. Pihak Garmin sendiri tidak segera menanggapi hal ini.

Untuk diketahui hanya tuas Shimano Dura-Ace 9070 terbaru yang memiliki tombol di atas tudung. Sedangkan, pada tuas Dura-Ace mekanik dan Ultegra Di2 terbaru tidak ada.

Tuas Shimano Dura-Ace 9070 yang memiliki tombol di dalam tudung.Shimano Dura-Ace Di2, Garmin, kerjasama Shimano-Garmin

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss