News » Actual
Short URL:
Jedidiah Amoako-Ackah, Track Rider Pertama Ghana
Fri, 08 Aug 2014 | 11:31
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 979 kali

SPORTKU.COM - Selama ini, Ghana mungkin tidak dikenal dalam olahraga balap sepeda. Tapi, sejak tahun ini, negara ini mulai eksis di olahraga tersebut. Hal itu, dibuktikan dalam Commonwealth Games 2014 yang berlangsung pekan lalu di Glasgow, Inggris.

Adalah Jedidiah Amoako-Ackah, atlet sepeda Ghana yang termasuk dalam daftar peserta cabang balap sepeda dari Ghana. Di ajang ini, ia turun di velodrome di Glasgow sekaligus menjadi track cyclist pertama asal Ghana.

Keikutsertaan Jedidiah Amoako-Ackah di ajang ini adalah sebuah pencapaian istimewa mengingat atlet berusia 23 tahun itu baru memutuskan fokus di cabang olahraga tersebut pada bulan September tahun lalu, dan ia pun tidak tahu bagaimana untuk melakukan cara terbaik sampai Maret tahun ini.

"Aku belum pernah berkompetisi atau track dalam setiap jenis tingkatan. Jadi itu pertanyaan besar. Ini menjadi sebuah pelajaran yang berat untuk bersaing di Olimpiade," kata Jedidiah, seperti dikutip dari CNN.

"Saya sangat senang dengan ini. Tapi akal sehat saya mengatakan bahwa, Anda tahu, anda belum pernah melakukan hal ini sebelumnya. Semua hal-hal logis mengalir kepala Anda. Apa yang Anda pikirkan? Anda harus gila," jelas Jedidiah.

Untuk tingkat tertentu, Jedidiah mendapat keuntungan dengan mengikuti Commonwealth Games, meski itu adalah sebuah perjalanan yang panjang.

Lahir di kota Asamankese, pada usia lima tahun Jedidiah bersama dengan ibunya, bidan, dan ayahnya yang seorang pendeta, pindah ke sebuah tempat yang terletak hampir 3 ribu km di sebelah selatan Botswana.

"Saya belajar naik sepeda di Botswana. Ini hanya sesuatu yang saya lakukan untuk rekreasi dan itu adalah cara tercepat untuk mendapatkan dari A ke B, tanpa membayar. Jadi, acungkan jempol untuk saya," kenang Jedidiah.

Pada tahun 2000, Jedidiah dan keluarganya pindah ke London dan setahun kemudian mereka menetap di kawasan utara perbatasan, di Skotlandia.

"Saya sudah tinggal di Glasgow selama hampir 14 tahun. Jadi, sekarang kota ini menjadi rumah saya. Saya merasa memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang Skotlandia." kata Amoako-Ackah.

Saat Jedidiah kuliah terapi olahraga, sebuah kesempatan yang berhubungan dengan tanah kelahirannya pun tiba. Seiring dengan Commonwealth Games di Skotlandia, kalangan pengusaha dan ekspatriat Ghana pun memiliki rencana, dan ia pun membutuhkan “seseorang” untuk melaksanakan misinya.

Jedidiah Amoako-Ackah, Track Rider Pertama Ghana. (Foto: CNN)

Jedidiah Amoako-Ackah, Rider Track Pertama Ghana, Commonwealth Games 2014

Editor : Dedi Hermawan
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss