News » Actual
Short URL:
Takut Terserang Ebola, Atlet Sierra Leone Enggan Pulang ke Negaranya
Sun, 03 Aug 2014 | 22:07
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 984 kali

SPORTKU.COM - 30 atlet dari Seirra Leone, termasuk atlet sepeda, yang tengah mengikuti Commonwealth Games (pesta olahrga negara-negara persemakmuran) di Glasgow, Inggris, enggan untuk segera kembali ke negaranya. Hal itu disebabkan mereka takut terhadap wabah Ebola yang tengah melanda negaranya. 

Dilaporkan BBC, salah satu atlet Samuel Morris telah menjalani tes Ebola di Glasgow dan dinyatakan negatif oleh tim dokter. Demikian pula dengan atlet sepeda Moses Sesay dan yang dinyatakan negatif dari serangan virus Ebola. Sementara atlet balap sepeda lainnya, Mohamed Tholley, menghilang dari pemukiman atlet.  

Sessay dilaporkan memeriksakan kesehatannya setelah merasa ada masalah pada kesehatannya, termasuk pemeriksaan Ebola. Ia kemudian dinyatakan bersih dan diizinkan untuk tampil dalam lomba men's individual time trial.    

Sementara itu, ketua delegasi Sierra Leone, Unisa Deen Kargbo mengatakan Mohamed Tholley yang disiapkan untuk bersaing pada time trial putra, tidak muncul di perkampungan atlet. Tholley pun tidak berbicara kepada siapa pun di kamp. 

"Secara hukum, Mohamed Tholley seharusnya sudah berada sampai di negaranya pada September. Tapi jika ia telah membahas hal itu dengan anggota delegasi lainnya, kita tidak akan terlalu khawatir,” ungkap Kargbo. 

"Kami hanya ingin memastikan bahwa ia aman, dimanapun dia berada, dan kita tidak tahu apakah ia aman atau tidak aman. Kami telah melaporkan hal ini kepada penyelenggara Commonwealth Games," tambahnya, seperti dilansir BBC

Pelatih balap sepeda, Winston Crowther, percaya Tholley mungkin menghilang karena kekhawatiran atas wabah Ebola. Namun, tidak menutup kemungkinan alasan lain, termasuk faktor ekonomi. 

Sejak Februari, Ebola memang tengah mewabah di empat negara di kawasan Afrika Barat dan telah menewaskan 700 orang. Sierra Leone sendiri telah mengumumkan keadaan darurat kesehatan bagi warganya setelah lebih dari 200 orang meninggal dunia akibat penyakit tersebut. 

Wabah yang mematikan ini pertama kali dilaporkan di Guinea pada bulan Februari dan membunuh hingga 90 persen dari mereka yang terinfeksi. Tetapi pasien memiliki kesempatan hidup yang lebih baik jika mereka menerima perawatan dini.

Moses Sesay (ketiga dari kiri) dinyakan bebas Ebola oleh dokter di Inggris. (Foto: BBC/Getty Images)

Atlet Balap Sepeda, Sierra Leone, Ebola, Commonwealth Games

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss