News » Actual
Short URL:
Gagal di Tour de France, Sir Dave Brailsford Bertekad Bangkitkan Kejayaan Team Sky
Sun, 03 Aug 2014 | 20:56
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 5.095 kali

SPORTKU.COM - Setelah gagal menjuarai Tour de France 2014, Team Sky mulai berbenah diri. Pemilik Team Sky Sir  Dave Brailsford bertekad untuk membangkitkan kejayaan Team Sky dengan melakukan penyegaran dan memasukkan pembalap baru pada musim dingin ini serta mereview kembali pembalap yang telah masuk dalam skuad sebelumnya.

Usai mengikuti race di Leeds pada awal Juli dan berusaha untuk melakukan hattrick untuk meraih yellow jersey, dengan mengandalkan  Sir Bradley Wiggins dan Chris Froome – juara 2012 dan 2013, tim ini ternyata gagal. 

Hal itu ditandai dengan keluarnya Froome pada etape 5 yang kemudian menjadikan Richie Porte sebagai leader. Tapi usaha tersebut tetap tak membuahkan hasil. Tim ini pun tak menjuarai 1 etape pun untuk pertama kalinya. 

Kebijakan untuk tidak memilih Wiggins dalam tur kali ini pun kemudian menuai kritikan pada Team Sky. Padahal, ini memiliki anggaran dua kali lebih banyak dari tim lainnya - £21.4? juta pada tahun 2012.    

Meski demikian, dikutip dari Telegraph, Sir Dave Brailsford tidak menyesali keputusannya terkait personil tim. Namun, ia menyadari bahwa diperlukan perubahan pada timnya, baik sisi teknis maupun non teknis.

“Saya pikir, kami tetap pada keputusan yang sama (terkait pemilihan personl tim). Saya telah melakukan banyak diskusi dan memikirkan hal berikutnya. Ini bukanlah bayi yang dikeluarkan dari bak mandi, tapi layaknya sebuah tim olahraga, anda dapat berada di puncak pada waktu tertentu. Kami juga telah memperkenalkan banyak hal dalam olahraga ini – ide dan metode baru. Ada waktu tertentu dimana anda perlu pembaruan dan penyegaran. Idenya adalah perbaikan yang berkelanjutan dan itulah kondisi kami sekarang. Kami perlu bergerak maju,” ungkap Brailsford.

Team Sky telah dihubungkan dengan sejumlah pembalap tapi Brailsford tidak ingin pembalap ternama. Ia dinilai lebih tertarik pada pembalap muda Giant-Shimano asal Prancis, Warren Barguil. 

“Kami lebih senang mengambil pembalap muda dan mengembangkannya daripada membelinya atau memasukkan “nama besar” dalam tim. Dia (Barguil) adalah rider berbakat dan tak ada yang meragukannya,” tambahnya.                

Satu hal yang positif dari Team Sky tahun ini adalah dengan penampilan Geraint Thomas yang telah banyak mendukung Froome dan Porte. Bahkan, Rod Ellingworth, performance manager tim mengatakan bahwa Thomas dapat menjuarai grand tour di masa depan.

“Ia bagus untuk timnya. Ia pemimpin yang baik dan orang-orang mengikutinya,” kilah Ellingworth.

Para pembalap Team Sky. (Foto: Team Sky)

Tour de France 2014, Sir Dave Brailsford, Team Sky

 

Warren Barguil sedang dilirik untuk masuk dalam skuad Team Sky. (Foto: Teamgiantshimano)

Tour de France 2014, Sir Dave Brailsford, Team Sky

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss