News » Actual
Short URL:
Jelang Tour De France 2014
Pengawasan Doping Libatkan Banyak Lembaga
Fri, 04 Jul 2014 | 10:41
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 31.095 kali

SPORTKU.COM - Agence Française de Lutte contre le Dopage (AFLD) dan Yayasan Anti-Doping Bersepeda (CADF) - badan independen yang diamanatkan oleh UCI untuk menentukan dan melaksanakan perang melawan doping dalam bersepeda – kemarin telah menegaskan bahwa mereka akan bekerjasama pada kontrol anti-doping selama Tour De France 2014, yang dimulai pada 5 Juli.

Perjanjian tersebut bertujuan untuk memastikan kontrol anti-doping yang efisien di semua kompetisi bersepeda utama di Prancis lainnya, seperti Paris-Nice, Paris-Roubaix, Criterium du Dauphine. Selama kemitraan ini berlangsung, UCI dan CADF akan terus berbagi informasi dan data pada paspor biologis atlet dengan Organisasi Nasional Anti-Doping (NADOs). Perjanjian serupa juga sudah dijalin dengan UKAD (United Kingdom), CCES (Kanada), ADN (Norwegia), NADOF (Flanders) dan ADS (Swiss).

Khusus pengawasan anti-doping dalam Tour de France 2014, lembaga terkait telah mengambil beberapa langkah untuk memastikan hasil yang maksimal. Langkah yang diambil meliputi, telah dilakukannya penyediaan data lokasi oleh CADF dan AFLD sejak Mei lalu dan pemeriksaan darah semua peserta sesaat sebelum lomba.

Selain itu, selama etape di Britania Raya, AFLD, CADF dan UKAD akan berkolaborasi terkait informasi logistik dan berbagi intelijen. Selama etape di Perancis, keputusan mengenai pengendara akan diuji dan diputuskan bersama-sama oleh CADF dan AFLD. Beberapa sampel juga disepakati akan disimpan selama beberapa tahun, untuk memungkinkan analisis berikutnya.

Atas putusan tersebut Presiden UCI Brian Cookson menyatakan gembira karena semua organisasi anti-doping dapat bergabung untuk memastikan reputasi olahraga internasional ini.  

"Saya sangat senang dengan perjanjian ini - antara UCI dan CADF dan AFLD - pada Tour de France. Kemitraan ini menunjukkan bahwa semua organisasi anti-doping dapat bergabung untuk memastikan reputasi bersepeda dalam salah satu acara utama dalam kalender olahraga sepeda ini,“ ungkap Cookson dikutip dari rilis resmi UCI.

Hal senanda juga disampaikan Direktur CADF Francesca Rossi dan Presiden AFLD Bruno Genevois.

anti doping, Tour De France 2014, UCI

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss