News » Actual
Short URL:
UCI Akan Ubah Prosedur Pengecualian Penggunaan Terapeutik
Tue, 24 Jun 2014 | 11:32
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Telegraph/AFP
Dibaca : 11.153 kali

SPORTKU.COM - UCI akan melakukan perubahan terkait pengecualian penggunaan Terapeutik (TUE) dan memastikan bahwa mulai sekarang semua keputusan terkait hal tersebut akan dibahas melalui sebuah komite. 

Perubahan itu dipicu kontroversi yang muncul baru-baru ini, yang melibatkan aplikasi Tim Sky untuk penggunaan glukokortikosteroid, atas nama Chris Froome dalam Tour of Romandy pada akhir April lalu. Froome menderita infeksi dada yang diperburuk oleh asma. Meski hal itu menimbulkan perdebatan yang lebih luas tentang etika berkompetisi, namun Tim Sky atau Froome dianggap tak melanggar aturan apapun. 

Badan Anti-Doping Dunia (WADA) dan UCI memang mengatakan bahwa TUE diperlukan dalam kasus Froome. Keputusan itu menimbulkan banyak pertanyaan yang diajukan oleh supervisor medis UCI, Dr Mario Zorzoli, mengenai kasus fast-tracking.

Surat kabar Prancis, Le Journal du Dimanche, mengklaim bahwa direktur umum WADA David Howman tidak senang dengan UCI dan memungkinkan Zorzoli memiliki tanggung jawab terlalu banyak dalam pemberian TUE. Tidak jelas, seberapa sering Zorzoli menyetujui TUE karena hal itu biasanya bersifat rahasia.

Le Journal du Dimanche juga memprediksi bahwa komite TUE akan dibentuk sebelum Tour de France dan juru bicara UCI telah mengkonfirmasikan kepada media bahwa semua permintaan, selanjutnya, akan melalui panel. Namun belum jelas apakah tim di panel tersebut sudah ada atau perlu dibentuk lagi.

"Dengan bekerja sama dengan WADA dan direktur umum David Howman, UCI telah meninjau semua peraturan dan prosedur, termasuk tentang Pengecualian Penggunaan Terapeutik (TUE) antidopingnya," demikian pernyataan UCI, seperti dilansir Telegraph.

Seperangkat aturan yang akan direvisi tengah disiapkan dan akan berlaku pada 1 Januari 2015, bersamaan dengan revisi WADA Code 2015 dan standar internasional, termasuk standar internasional untuk Pengecualian Penggunaan Terapeutik (ISTUE). Dan, sebagai langkah awal, UCI menegaskan bahwa mulai sekarang, semua keputusan TUE akan melewati Komite. 

Sementara itu, Michelle Cound, tunangan Froome, telah mempertanyakan cara UCI dan WADA dalam menangani kontroversi yang muncul dan mengatakan bahwa reputasi Froome telah rusak akibat hal itu. Ia meminta Presiden UCI Brian Cookson untuk bertanggung jawab terhadap hal itu.

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss