News » Actual
Short URL:
Peringati PD I, Komunitas Sepeda Dunia Gelar Balap Sepeda
Mon, 23 Jun 2014 | 16:33
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : BBC/AP
Dibaca : 2.107 kali

SPORTKU.COM - Perang dunia pertama (PD I)  yang menjadi sejarah kelam dunia telah menggugah komunitas sepeda dunia dengan menggelar sebuah ajang balap sepeda. Seri pertama ajang ini digelar di Sarajevo, ibukota Bosnia, Minggu (22/6).  Lomba ini adalah yang pertama untuk menandai 100 tahun peristiwa pembunuhan massal oleh  Archduke Franz Ferdinand, yang kemudian memicu Perang Dunia Pertama.

Dikutip dari BBC, ribuan pesepeda, termasuk pembalap elit turut ambil bagian dalam pembukaan event lomba tersebut. Lomba yang disponsori oleh penyelenggara Tour de France ini juga menjadi pembukaan Grand Prix Sarajevo 2014, yang diikuti oleh 140 pembalap profesional.

Rute lomba ini berjarak 140km dengan melintasi bekas garis depan perang Bosnia Hercegovina (1992-1995). Kemudian mendaki ke G. Igman (1.510m), di sebelah barat daya Sarajevo, yang dahulu menjadi medan pertempuran.

Direktur Tour de France Christian Prudhomme mengatakan kepada Reuters bahwa lomba pada hari Minggu itu adalah sebuah acara untuk mengumpulkan dan menyatukan orang-orang. “Dan, pesan yang kami sampaikan dari sini adalah pesan perdamaian dan persatuan,” ungkap Prudhomme.

PD I, balap sepeda, Bosnia, Christian Prudhomme, Sarajevo, Franz Ferdinand

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss