News » Actual
Short URL:
Hormati Merckx, Brussels Ingin Jadi Titik Awal Tour de France 2019
Fri, 23 May 2014 | 11:25
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 11.962 kali

SPORTKU.COM - Kota Brussels, Belgia, tengah berupaya untuk menjadi titik awal Tour de France 2019 mendatang. Momen tersebut menjadi penting bagi Belgia karena bertepatan dengan 50 tahun kemenangan pertama pembalap kebanggaan Belgia, Eddy Merckx, dalam ajang tersebut. Sebagaimana dikutip dari situs Cyclingnews, sebuah panitia telah melakukan pendekatan kepada Amaury Sport Organisation (ASO) dan ASO diperkirakan akan menerima gagasan tersebut. 

"Ini akan menjadi penghormatan yang fantastis untuk Eddy Merckx," kata Alain Courtois, mantan Sekjen Asosiasi Sepak Bola Belgia, yang memimpin proyek tersebut. 

Courtois dan Merckx telah bertemu dengan ASO pada pekan lalu di Paris. Pimpinan organisasi tersebut Christian Prudhomme diklaim terkejut atas ide tersebut dan mengatakan bahwa tur tidak akan membiarkan tokoh sejarah Eddy Merckx terlupakan. Ia juga tidak akan melewatkan Brussels. 

"Jika perlu, kami akan menerima sebagai finish etape dan sebagai start hari berikutnya. Tapi, preferensi kami adalah untuk "Grand Depart" (titik awal Tour de France)," tegas Courtois.

Merckx memenangkan tur pertamanya pada tahun 1969, pada usia 24 tahun dan kemudian memenangkan Tour de France empat kali lebih. Tahun 2019 akan menandai peringatan 50 tahun kemenangan pertamanya dalam ajang balap sepeda paling berbengsi di dunia itu.

Aksi Eddy Merckx pada masa jayanya. (Foto: AFP) 

Tour de France, Eddy Merckx, road

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss