News » Actual
Short URL:
Tim Sky Rekomendasikan Pelarangan Penggunaan Tramadol
Wed, 30 Apr 2014 | 10:33
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 27.116 kali

SPORTKU.COMKepala Tim Sky baru-baru ini menyerukan Tramadol untuk ditambahkan ke dalam daftar dalam lembaga antidoping dunia.  Hal ini terkait dengan komentar mantan rekan setim Lance Armstrong.

Michael Barry asal Kanada, yang pernah bergabung dengan Tim Sky hingga pensiun pada tahun 2012, mengungkapkan bahwa ia menggunakan obat legal yang memiliki efek samping bersifat adiktif tersebut saat membalap untuk tim Inggris tersebut.

Barry juga menjadi saksi bagi lembaga antidoping Amerika Serikat dalam penyelidikan tim US Postal Service yang mengakibatkan Armstrong dilucuti dari tujuh gelarnya dalam Tour de France karena doping.

Barry menggunakan Tramadol untuk mengobati keluhan yang sah. Namun Tim Sky yang telah memenangkan dua Tours de France terakhir melalui Bradley Wiggins dan Chris Froome, menegaskan bahwa mereka tidak lagi menggunakan obat tersebut. Ia juga menyerukan agar obat tersebut bisa dilarang dan penggunaannya dapat diatur dengan menggunakan sertifikat terapi pengecualian (TUEs).

Juru bicara Team Sky mengatakan bahwa tidak ada pembalap timnya yang menggunakan Tramadol saat bersepeda. Tim Sky juga tidak memberikan obat tersebut kepada para rider saat balapan atau pelatihan, baik untuk tindakan preventif atau untuk mengatasi rasa sakit yang dialami.

"Kami percaya bahwa ada efek samping, seperti pusing dan mengantuk, yang dapat menyebabkan masalah untuk keselamatan semua pengendara. Kami juga merasa bahwa jika pengendara memiliki tingkat rasa sakit yang parah, mereka tidak boleh turun dalam lomba,” tambahnya sebagaimana dilansir Bicycling

"Tramadol tidak dilarang oleh WADA. Tapi telah menjadi keyakinan kami bahwa selama dua musim terakhir, semua staf medis dan pengendara telah menyadari hal ini. Pandangan kami, hal itu (Tramadol) harus masuk dalam daftar WADA dan penggunaan klinis yang tepat dapat diatur melalui regulasi TUE atau sistem pengecualian penggunaan terapi," pungkasnya.

Tramadol (Foto: Projectknow)

road, race, doping, Sky, Michael Barry, Lance Armstrong

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss